Abu Gunung Agung sudah sampai Gianyar dan Denpasar

Selasa, 02 Januari 2018 | 09:14 WIB Sumber: TribunNews.com
Abu Gunung Agung sudah sampai Gianyar dan Denpasar


STATUS GUNUNG AGUNG - AMLAPURA. Alat seismograf di Pos Pantau Gunung Api Agung di Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali, kembali merekam gempa letusan dengan amplitudo 25mm di Gunung Agung, Senin (1/1) sekitar pukul 22.00 Wita.

Letusan tersebut juga diikuti hembusan asap pekat mengandung abu vulkanik dari dalam kawah Gunung Agung. "Senin malam itu memang gempa letusan, onsetnya tegas," ujar Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana.

Letusan tersebut melontarkan abu vulkanik setinggi 1.500 meter. Abu tersebut terbawa angin ke arah barat dan barat daya.

Hal ini menyebabkan sejumlah wilayah seperti Gianyar dan Denpasar diguyur hujan abu tipis. "Abu dari Gunung Agung sudah sampai Gianyar. Kaget saja pagi-pagi kendaraan sudah kotor karena diselubungi abu vulkanik," ujar Ardana, salah seorang warga Gianyar.

Selain terjadinya letusan, tingginya aktivitas vulknik di Gunung Agung masih ditandai dengan terekamnya gempa permukaan seperti hembusan dan gempa vulkanik baik dalam mupun dangkal. Dalam periode 12 jam terakhir, PVMBG merekam terjadi 1 kali gempa letusan.

Hingga Selasa (2/1), Gunung Agung masih berstatus awas, dengan rekomendasi Zona Perkiraan Bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 8 km dari kawah Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 10 km dari kawah Gunung Agung.

Sementara itu, Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia, Sutopo Purwo Nugroho dalam akun instagramnya juga mengunggah sebuah video.

Dalam captionnya disampaikan Gunung Agung alami gempa letusan yang sesaat menyebabkan asap dan abu vulkanik keluar dari kawah pada 1 Januari 2018 pukul 22.40 Wita.

Hujan abu tipis tercatat di beberapa desa di sekitar Gunung Agung di Desa Badeg, Yeha, Temukus, Besakih dan Muncan. Letusan hanya sesaat saja.

Sebelumnya, Gunung Agung di hari pertama tahun 2018 ini kembali mengeluarkan asap solfatara, Senin (1/1).

Menurut informasi terakhir dari PVMBG, periode pukul 00.00–06.00 Wita tampak adanya Asap kawah bertekanan sedang berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 1.000 m di atas puncak kawah. Pada malam hari pun masih tampak terlihat sinar api.

Artikel ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul Abu Gunung Agung sudah sampai Gianyar dan Denpasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru