Ada wacana ganjil genap di jalan tol saat mudik

Senin, 03 April 2017 | 16:50 WIB Sumber: Kompas.com
Ada wacana ganjil genap di jalan tol saat mudik


JAKARTA. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan beberapa terobosan sedang dibahas dalam rapat persiapan transportasi Lebaran 2017 di Kantor Kemenko Maritim. Ia hadir dalam rapat yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Perhubungan Budi Karya, Senin (3/4).

Salah satu ide yang muncul dalam rapat itu adalah menerapkan sistem pengendalian arus lalu lintas di jalan tol berdasarkan nomor polisi ganji-genap.

"Bahkan kemungkinan akan diberlakukan konsep ganjil genap masuk tol. Ini baru konsep, belum diputuskan, sehingga Brebes Exit bisa terkendali," ujar Sumarsono di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (3/4).

Selain itu, transportasi laut untuk mudik rencananya juga akan ditambah. Dengan banyaknya pilihan transportasi, diharapkan mudik Lebaran 2017 berjalan aman dan nyaman.

Namun, semua hal tadi masih sebatas wacana. Sumarsono juga bukan pihak yang bisa membuat keputusan tentang wacana itu. Ia hadir dalam rapat terkait kapasitasnya sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta sekaligus Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Sumarsono mengatakan, rapat itu penting karena Jakarta merupakan provinsi terbesar yang warganya melakukan mudik.

"Konsumen terbesar adalah warga Jakarta karena mungkin kita sebanyak 80% akan pulang kampung," katanya.

(Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru