Anies: Reklamasi bukan masalah utama ibu kota

Kamis, 26 Oktober 2017 | 22:24 WIB Sumber: Kompas.com
Anies: Reklamasi bukan masalah utama ibu kota


REKLAMASI - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganggap bahwa persoalan reklamasi Teluk Jakarta bukan masalah utama ibu kota saat ini. Hal itu ia diungkapkannya seusai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama pasangannya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

"Dari dua pertemuan, kemarin kami bertemu Presiden bicara soal Jakarta. Hari ini bicara dengan Wapres soal Jakarta. Tak satu pun bicarakan reklamasi," kata Anies di Istana Wakil Presiden, Kamis (26/10).

"Artinya ini (reklamasi) bukan sesuatu yang luar biasa penting di mata pemerintah pusat," lanjutnya.

Meski demikian, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, mengakui, persoalan reklamasi menjadi isu yang saat ini banyak diperbincangkan berbagai pihak. "Kami menyadari ini isu yang ramai dibicarakan. Tapi saat kita bicara masalah Jakarta, masalah yang dialami Jakarta paling utama bukan itu," ujar Anies.

Anies mengungkapkan, dalam pertemuannya dengan Kalla, lebih banyak dibahas persoalan DKI Jakarta lainnya.

"Malah kami banyak laporkan apa yang kami kerjakan selama 10 hari terakhir. Proyek-proyek yang teridentifikasi terlambat kami diskusikan. Jadi kami sama sekali tak diskusikan reklamasi," ujarnya.

Menurut Anies, fokus utama pemerintahannya saat ini adalah mempercepat proyek-proyek pembangunan yang mandeg atau jalan di tempat. "Fokus kami sekarang adalah semua program yang berjalan dan mandeg, kami pastikan jalan cepat. Karena anggaran itu selesai Desember. Kalau tidak digenjot sekarang, uang yang sudah dianggarkan akan tidak terpakai," ucapnya.

Sebelumnya, Rabu (25/10), Anies-Sandi bertemu dengan Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut dibahas enam topik, yakni Asian Games, MRT, LRT, trotoar, penanggulangan banjir, dan penataan kampung kumuh. Anies dan Sandi banyak mendengar pengalaman Jokowi yang pernah dua tahun memimpin ibu kota. (Moh. Nadlir)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Anies Baswedan: Reklamasi Teluk Jakarta Bukan Masalah Utama Ibu Kota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru