Anies-Sandi terima hasil rekapitulasi

Senin, 27 Februari 2017 | 09:58 WIB Sumber: Kompas.com
Anies-Sandi terima hasil rekapitulasi


JAKARTA. Tim pemenangan pasangan calon Anies Baswedan-Sandiaga Uno menerima hasil rekapitulasi suara tingkat provinsi pada Pilkada DKI 2017.

Sekretaris Tim Pemenangan Anies-Sandi, Syarif, mengatakan bahwa dia mengapresiasi kinerja KPU DKI pada putaran pertama ini.

"Kami menerima hasil penghitungan dan menghargai kinerja KPU DKI yang sudah on the track, profesional, dan menjaga netralitas," ujar Syarif kepada Kompas.com, Senin (27/2).

Meskipun demikian, Syarif mengakui ada beberapa hal yang harus menjadi evaluasi KPU DKI untuk menyiapkan putaran kedua nanti.

Dengan menerima hasil rekapitulasi, kata Syarif, mereka tidak akan mengajukan gugatan terkait hasil rekapitulasi suara ini. "Enggak ada gugatan," ujar Syarif.

KPU DKI Jakarta sudah merampungkan proses rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi Pilkada DKI Jakarta 2017.

Berdasarkan rekapitulasi, paslon nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni memperoleh 937.955 suara atau sekitar 17,05%.

Paslon nomor pemilihan dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat memperoleh 2.364.577 suara atau 42,99%.

Sementara itu, paslon nomor pemilihan tiga, Anies-Sandiaga, memperoleh 2.197.333 suara atau 39,95%.

Total suara sah tiga paslon tersebut sebesar 5.499.865 suara, sedangkan suara tidak sah sebesar 64.448 suara.

Adapun total pengguna hak pilih pada Pilkada DKI Jakarta 2017 sebesar 5.564.313 suara atau sekitar 75,75%.

Hasil rekapitulasi penghitungan itu disetujui oleh ketiga tim pemenangan paslon. Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, rekapitulasi ini belum pada tahapan penetapan hasil.

Masih ada tenggat waktu tiga hari untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) perihal hasil rekapitulasi perolehan suara.

"Bila setelah tiga hari kami dapat konfirmasi MK bahwa tidak ada ajukan gugatan keberatan, kami tanggal 3-4 Maret akan umumkan hasil, sekaligus apakah ada putaran kedua atau tidak, sekaligus penetapan paslon putaran kedua," kata Sumarno. (Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru