Anies terkejut bantuan Parpol naik 10 kali lipat

Selasa, 12 Desember 2017 | 12:16 WIB Sumber: Kompas.com
Anies terkejut bantuan Parpol naik 10 kali lipat


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan instruksinya terkait bantuan keuangan partai adalah samakan dengan anggaran tahun sebelumnya. Dia mengaku tidak meminta anggaran tersebut dinaikan atau diturunkan.

"Tapi yang kami tidak ketahui bahwa sebelumnya sudah dinaikkan 10 kali lipat, jadi kami terkejut," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (12/12).

Dia menegaskan anggaran sebelumnya, tepatnya APBD Perubahan DKI 2017, bantuan keuangan partai sudah naik 10 kali lipat.

Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2017 tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2017 disahkan pada masa pemerintahan mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Ketika dia memberi instruksi untuk menyamakan anggaran sebelumnya, akhirnya anggaran yang sudah naik itu masuk lagi.

Anies sudah memeriksa susunan draft anggaran perubahan 2017. APBD tersebut disahkan pada 2 Oktober dan diundangkan pada 13 Oktober.

Anies akan melakukan review terhadap anggaran ini. Dia ingin nilainya mengikuti ketentuan Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

"Saya ingin sampaikan kepada semua bahwa kami tidak pernah menaikkan angka bantuan untuk parpol. Kami terima, kami minta disamakan, ternyata yang disamakan itu sudah dinaikkan di menit-menit terakhir," kata Anies. (Jessi Carina)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Anies: Kami Terkejut, Tak Tahu Bantuan Parpol Dinaikan 10 Kali Lipat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru