AP I ajak semua pihak genjot wisata Kalsel

Jumat, 14 Oktober 2016 | 21:48 WIB   Reporter: Rizki Caturini
AP I ajak semua pihak genjot wisata Kalsel


BANJARBARU. PT Angkasa Pura I mengajak seluruh pihak untuk bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Handy Heryudhitiawan, mengatakan, Kalsel punya potensi wisata yang cukup besar dan Bandara Syamsudin Noor siap menjadi pintu gerbang untuk menyambut seluruh wisatawan.

Ia mengatakan, persentase kunjungan wisatawan yang datang ke Kalsel melalui transportasi udara di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin relatif kecil, yakni berkisar 12% persen per tahun. Tujuan penumpang paling banyak datang ke Kalsel karena motivasi mengunjungi keluarga yang mencapai 53%. Sedangkan alasan bisnis maupun investasi berkisar 12%-13%.

AP I sudah sering berdiskusi baik dengan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani dan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina maupun kepala daerah lain untuk itu. Para pengurus organisasi pariwisata pun diajak berdiskusi untuk bersama-sama berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Jika kunjungan wisatawan meningkat maka dampaknya banyak sektor akan bergerak maju baik ekonomi maupun sektor lain dan akhirnya kesejahteraan masyarakat meningkat," kata dia.

Saat ini bandar udara Syamsudin Noor masih menunggu proses pengembangan seiring akan dimulainya pembangunan apron, fasilitas lain dan perluasan terminal penumpang. "Prosesnya masih pelelangan umum dan jika sudah ada pemenang maka pembangunan bisa dimulai diperkirakan awal 2017 dan selesai keseluruhan pada 2019," katanya.

(Yose Rizal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru