Banjir di Bali meluas, mulai Denpasar, Kuta hingga Nusa Dua

Selasa, 23 Januari 2018 | 17:10 WIB Sumber: Kompas.com
Banjir di Bali meluas, mulai Denpasar, Kuta hingga Nusa Dua

ILUSTRASI. DAMPAK CUACA SIKLON CEMPAKA


BANJIR - DENPASAR. Hujan deras yang mengguyur beberapa hari belakangan menyebabkan sejumlah wilayah di Bali dilanda banjir. Kondisi terburuk terjadi di wilayah Bali Selatan, meliputi Kota Denpasar dan Badung.

Berdasarkan pantauan, Selasa (23/1), sejumlah titik terendam genangan air yang tinggi. Di Kabupaten Badung, terjadi di sekitar Nusa Dua, Jimbaran, Kuta dan sebagian wilayah Kerobokan. Sejumlah titik di Kota Denpasar juga terendam sehingga mengganggu aktivitas warga.

Kepala BMKG Denpasar Taufiq Gunawan mengatakan, tingginya curah hujan disebabkan terjadinya tekanan udara rendah (low pressure) di sekitar wilayah selatan Nusa Tenggara Barat (NTB). Dampaknya angin cenderung bertiup ke arah tersebut.

"Dari citra satelit kami lihat ada low pressure di selatannya NTB sehingga angin bertiup ke arah sana," kata Taufiq, Selasa.

Menurut dia, angin bertiup melewati wilayah selatan Bali. Hal ini menyebabkan curah hujan di selatan Bali lebih tinggi dibandingkan wilayah lain dan diperparah dengan musim penghujan.

 "Sekarang musim hujan, jadi memperburuk kondisi," kata Taufiq.

Faktor lain yang menyebabkan terjadinya banjir, lanjut dia, adalah mampetnya drainase. Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat waspada dengan segala kemungkinan yang ditimbulkan cuaca buruk.

"Imbauan kepada masyarakat untuk waspada pada bencana banjir dan juga tanah longsor," kata Taufiq. (Kontributor Bali, Robinson Gamar)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Bali Dilanda Banjir, dari Denpasar, Kuta hingga Nusa Dua Tergenang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru