Banten turunkan 1.200 personil amankan Pilkada

Kamis, 09 Februari 2017 | 16:22 WIB Sumber: Antara
Banten turunkan 1.200 personil amankan Pilkada


SERANG. Pemerintah Provinsi Banten menurunkan 1.200 personil gabungan untuk membantu Kepolisian dan TNI dalam mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Banten Tahun 2017. Personil gabungan tersebut berasal dari Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), Pelindung Masyarakat (Linmas), Dinas Perhubungan (Dishub), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). 

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Nata Irawan dalam sambutannya menekankan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seluruh personil. Antara lain untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan terlibat aktif dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum.

"Kami membantu aparat keamanan nanti menjaga situasi pada tanggal 15 Februari, komunikasi dan koordinasi kami dengan Polda terus berjalan. Insyaallah Banten aman dan penyelenggaraan pilkada bisa tertib dan menghasilkan pimpinan yang diharapkan oleh masyarakat itu sendiri," kata Nata Irawan di lapangan Masjid Al-Bantani, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Serang, Kamis (9/2).

Momentum Pilgub merupakan saat yang sangat penting bagi Pol PP dan Linmas untuk menjaga situasi tetap tertib dan aman ditengah-tengah masyarakat Banten.

Kepala Sat Pol PP Provinsi Banten M Basri mengatakan apel siaga pasukan pengamanan Pilkada itu merupakan arahan dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo agar aparat pemerintah daerah baik Pol PP, Damkar, Dishub, Linmas dan BPBD melakukan upaya agar mensukseskan berlangsungnya proses demokrasi lima tahunan.

Basri mengatakan para personel akan bertugas pada pelaksanaan pemungutan suara di lokasi hingga mengamankan kotak suara ke panitia Pilkada tingkat kelurahan. "Kita akan melakukan pemantauan dari luar, nanti personil Linmas kita tempatkan di TPS dua orang yang mengamankan langsung," kata Basri.

(Mulyana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru