BI resmikan kantor perwakilannya di Kaltara

Jumat, 28 Juli 2017 | 11:44 WIB   Reporter: Yudho Winarto
BI resmikan kantor perwakilannya di Kaltara


TARAKAN. Bank Indonesia (BI) meresmikan Kantor Perwakilannya di Provinsi Kalimantan Utara (KPw BI) Kaltara, Jumat (28/7). Keberadaan BI di Kaltara merupakan komitmen untuk menjaga laju inflasi di seluruh Indonesia.

Peresmian KPw BI Kaltara langsung dilakukan oleh Gubernur BI Agus Martowardojo di Tarakan. Pemilihan Tarakan sebagai lokasi kantor dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan dan potensi ekonomi dan masyarakat Tarakan yang cukup pesat.

Asal tahu saja, Kalimantan Utara, yang merupakan provinsi termuda di Indonesia, memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, baik dari sektor pertambangan dan penggalian, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Pada Triwulan I 2017, ekonomi Kalimantan Utara tumbuh sebesar 6,17%.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya, maupun rata-rata pertumbuhan wilayah Kalimantan pada periode yang sama. Pertumbuhan diharapkan semakin kuat, seiring ditetapkannya Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional Tanah Kuning sebagai Proyek Strategis Nasional oleh Presiden RI.

KPw BI Provinsi Kaltara beroperasi dengan fungsi penuh. Selain menjalankan fungsi kas dan sistem pembayaran, KPw juga menjalankan fungsi ekonomi moneter dan stabilitas sistem keuangan di daerah.

Lebih jauh lagi, Bank Indonesia akan terus melaksanakan peran sebagai mitra strategis Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota/Kabupaten di Kalimantan Utara dalam menjaga inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Utara.

Kerja sama antara lain dilakukan dalam bentuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Bantuan diserahkan dalam bentuk tata pamer di balai adat serta alat musik tradisional. Selain itu, dilakukan pula penyerahan bantuan fasilitas produksi bagi kelompok tani budidaya rumput laut di Sebatik.

Dengan mendukung pengembangan pariwisata dan produksi tani, peran Bank Indonesia dalam pengembangan ekonomi Kalimantan Utara diharapkan semakin terasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru