BKPM beri target NTT realisasikan investasi Rp 8 T

Jumat, 31 Maret 2017 | 17:23 WIB Sumber: Antara
BKPM beri target NTT realisasikan investasi Rp 8 T


KUPANG. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan target kepada Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk merealisasikan nilai investasi sebesar Rp8,2 triliun di tahun 2017.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpaduh Satu Pintu (PMPTSP) NTT, Semuel Rebo mengatakan, target investasi yang diberikan BKPM tersebut dua kali lipat lebih besar dari capaian tahun sebelumnya sejumlah Rp3,1 triliun.

Untuk itu diperlukan koordinasi yang sinergis antara dinas terkait di provinsi maupun semua kabupaten/kota di provinsi kepulauan itu. "Kita perlu terus koordinasi untuk samakan persepsi dan strategi sehingga bisa mendatangkan banyak investor guna mencapai target itu," katanya, Jumat (31/3).

Sejumlah upaya telah dilakukan salah satunya melalui peluncuran aplikasi "SPESIAL" yang akan mempermudah para investor melakukan investasi secara cepat, mudah, dan murah. Selain itu, katanya, penerapan sistem online dilakukan dalam rangka menciptakan pelayanan yang bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

"Pemohon izin bisa memantau langsung melalui aplikasi ini apakah dokumen perizinan yang diberikan masih di front office, bank office, sudah masuk tim teknis, ataupun sudah di meja pimpinan atau belum," katanya.

Menurutnya, untuk mempercepat lajuh investasi di daerah setempat maka harus didukung pula dengan data, informasi, serta kepastian kepemilikan lahan. Hal-hal tersebut yang dibutuhkan calon-calon investor.

Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan NTT mempersiapkan bahan-bahan presentasi dalam menyambut "Investment Day" yang digelar pada Juni 2017 di Jakarta mendatang.

(Aloysius Lewokeda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru