Butuh penghasilan, sopir angkot M 08 Tanah Abang-Kota kembali beroperasi

Selasa, 23 Januari 2018 | 11:18 WIB Sumber: Kompas.com
Butuh penghasilan, sopir angkot M 08 Tanah Abang-Kota kembali beroperasi

ILUSTRASI. Angkot M08


DKI JAKARTA - JAKARTA. Angkutan kota (angkot) M 08 trayek Tanah Abang-Kota kembali beroperasi pada Selasa (23/1). Terlihat di depan pintu masuk Stasiun Tanah Abang, Jalan Jatibaru Raya, sejumlah angkot M 08 berjejer menunggu penumpang.

Tampak pula sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta beserta polisi mengatur angkot tersebut agar tidak terlalu lama berhenti.

Sebelumnya, sopir angkot M 08 berencana melakukan mogok massal sebelum tuntutan mereka saat aksi di depan Balai Kota pada Senin kemarin terpenuhi.

Para sopir menuntut Pemprov DKI Jakarta membuka kembali Jalan Jatibaru Raya yang ditutup untuk mengakomodasi pedagang kaki lima (PKL).

Sopir angkot M 08, Simbolon, mengatakan, sejumlah sopir sebelumnya sepakat untuk tidak beroperasi hari ini. Namun, karena tuntutan ekonomi, para sopir terpaksa "menarik" angkotnya.

"Kemarin rekan-rekan bilang jangan beroperasi dulu, tetapi kami mikir juga rumah tangga kami masing-masing," ujar Simbolon di Jalan Jatibaru Raya, Selasa pagi.

Sopir M 08 lainnya, Gurning, mengatakan, petugas Dinas Perhubungan sempat melarang sopir angkot, khususnya M 08, untuk melintas di Jalan Jatibaru. Banyak juga sopir yang ditilang akibat nekat melintasi rute tersebut.

Gurning mengatakan, hal itu dilakukan para sopir angkot karena rute baru yang diwajibkan Dishub DKI terlalu jauh untuk dilintasi. Belum lagi penumpang yang mereka dapat semakin sedikit karena melewati rute itu.

"Kalau beroperasi di sini langsung ditilang. Muter di lampu merah itu saja kena tilang, langsung dikandangi," ujar Gurning.

Tak hanya itu, Gurning mengatakan, setelah angkot milik mereka diamankan, ada saja bagian yang hilang, misalnya speaker, dongkrak, dan sejumlah peralatan lain yang harganya cukup mahal.

Para sopir angkot dari berbagai trayek yang melintasi Tanah Abang melakukan aksi pada Senin (22/1). Mereka menuntut Pemprov DKI membuka Jalan Jatibaru agar kembali bisa dilintasi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ia segera mencarikan solusi untuk tuntutan para sopir angkot tersebut. (David Oliver) 

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Tak Jadi Mogok, Sopir Angkot M 08 Tanah Abang-Kota Kembali Beroperasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru