Dharma Jaya minta Pemprov DKI cairkan subsidi dalam 15 hari

Kamis, 15 Maret 2018 | 15:47 WIB Sumber: Kompas.com
Dharma Jaya minta Pemprov DKI cairkan subsidi dalam 15 hari

ILUSTRASI. PD Dharma Jaya


BUMD - JAKARTA. Direktur Utama PD Dharma Jaya Marina Ratna Dwi Kusumajati mengeluhkan kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov DKI yang lamban mencairkan dana pembelian ayam untuk program subsidi pangan.

"Kerja sama dengan SKPD, tuh, beda dengan (kinerja SKPD saat pemerintahan) gubernur yang lama," kata Marina ketika dihubungi, Kamis (15/3).

Masalah Dharma Jaya bermula November 2017. Saat itu, Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tidak memberikan penyertaan modal daerah (PMD) ke Dharma Jaya.

Sandiaga saat itu berjanji akan memberikan public service obligation (PSO) sebesar Rp 41 miliar agar Dharma Jaya bisa tetap membeli daging dan ayam.

Menurut Marina, dua pekan sejak rapat itu, pihaknya sudah menyerahkan proposal ke Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD). Namun, dana yang dijanjikan tidak juga cair. Begitu pula dengan reimburse pembelian daging sejak Desember 2017.

Tagihan reimburse ini, kata Marina, masih tertahan di Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (DKPKP) yang bertugas memverifikasi. "Dinas KPKP administrasinya lama kemudian, kan, alasannya verifikasi," ujarnya. 

Marina mempertanyakan mengapa DKPKP membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk memverifikasi. Ia mencatat, reimburse untuk bulan Desember sebesar Rp 13,2 miliar, Januari Rp 17 miliar, dan Februari sejumlah Rp 14 miliar.

Marina mengaku kini ditagih supplier atas pembayaran-pembayaran itu. Ia memberikan Pemprov DKI 15 hari membereskan masalah pencairan dana ini. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Kesulitan Subsidi Daging, Dirut PD Dharma Jaya Keluhkan Lambatnya Kinerja SKPD DKI

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru