Dirjen Hubla lepas tiga kapal arus balik pemudik sepeda motor di Semarang

Selasa, 19 Juni 2018 | 13:55 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Dirjen Hubla lepas tiga kapal arus balik pemudik sepeda motor di Semarang

ILUSTRASI. Kapal Pelni


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Tiga unit kapal perintis milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang melayani arus balik Lebaran dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Tanjung Priok Jakarta dilepas pada pagi hari ini, Selasa (19/6).

Ketiga kapal tersebut terdiri dari dua unit kapal perintis KN. Sabuk Nusantara 85 dan 95, yang mengangkut total penumpang sebanyak 644 orang dan satu unit kapal pengangkut motor yaitu KN. Camara Nusantara 1 yang membawa 292 unit sepeda motor.

Pelepasan ketiga kapal tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus Purnomo didampingi oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid melepas

Pelepasan kapal ini merupakan yang kedua kalinya dimana sebelumnya Kapal KM. Dobobsolo kemarin (18/6) telah diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan pagi tadi (19/6) tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Pelepasan tiga kapal hari ini merupakan yang kedua kalinya untuk melayani arus balik pemudik sepeda motor gratis dengan kapal tahun 2018," kata Agus melalui keterangan seusai melepas kapal arus balik tersebut di dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Selasa (19/6).

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa tiga kapal milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ini merupakan kapal baru yang nantinya akan dipergunakan untuk melayani angkutan laut perintis dan tol laut.

"Ketiga kapal perintis ini merupakan bagian dari total 16 unit kapal yang disiapkan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor arus balik dari Semarang menuju Jakarta," kata Agus.

Sementara itu menurut Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid mengatakan bahwa jadwal keberangkatan kapal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik yaitu tanggal 18, 19, 20, 21 dan 22 Juni 2018.

Wahid sangat mengapresiasi pemudik yang telah mendaftar dan memanfaatkan kapal laut sebagai sarana transportasi untuk kembali ke Jakarta.

"Untuk keselamatan dalam perjalanan arus balik Lebaran 2018, kami mengimbau para pengendara motor untuk memanfaatkan angkutan gratis kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta," ujar Wahid.

Menurut Wahid, penggunaan sepeda motor sebagai angkutan mudik Lebaran masih menjadi pilihan pemudik dan faktor kecelakaan sepeda motor di jalan raya masih dominan hingga saat ini

"Kecelakaan tersebut disebabkan beberapa faktor, di antaranya kelelahan. Oleh karena itu, kami menganjurkan pemudik yang akan kembali ke Jakarta memanfaatkan program angkutan gratis dengan kapal laut bagi pengguna sepeda motor," ujar Wahid.

Wahid melanjutkan, dengan angkutan gratis kapal laut, para pemudik sepeda motor yang akan kembali ke Jakarta dapat lebih aman, selamat, tertib, dan nyaman menikmati perjalanan sambil beristirahat. Di kapal juga tersedia hadiah berupa TV, Handphone, voucer belanja dan lain sebagainya.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut masih membuka program mudik gratis untuk arus balik ke Jakarta dengan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang.

"Ayo, segera daftarkan. Masih ada slot tersedia dengan keberangkatan melalui Posko mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 19, 20, 21 dan 22 Juni 2018," tutup Wahid.

Sebagai informasi, data Posko Angkutan Laut Lebaran 2018, hingga H+3 Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018, kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan telah mencapai di atas 75 persen untuk arus balik.

Pemerintah menyiapkan 16 unit kapal untuk melayani arus balik pemudik sepeda motor yang terdiri dari 1 unit kapal KM. Dobonsolo, 10 unit kapal Perintis Sabuk Nusantara tipe GT 2000 dan GT 1200 serta 5 unit kapal pengangkut sepeda motor dengan total kapasitas sebanyak 7600 unit sepeda motor.

Adapun cara mendaftar sebagai peserta mudik gratis dengan kapal untuk arus balik adalah dengan cara mendaftar langsung ke Posko Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut yang berada di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mulai tanggal 17 Juni 2018 dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB dengan membawa dokumen pendukung berupa KTP, KK dan STNK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru