Dishub DKI: 624 angkutan Lebaran tidak laik jalan

Minggu, 18 Juni 2017 | 11:28 WIB Sumber: Kompas.com
Dishub DKI: 624 angkutan Lebaran tidak laik jalan


JAKARTA. Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah melakukan ramp check terhadap 971 unit bus hingga Sabtu (17/6), untuk mengecek kelaikan angkutan mudik Lebaran. Pengecekan dilakukan di pool bus maupun di terminal-terminal keberangkatan yang ada di DKI Jakarta.

Hasil pengecekan menunjukkan, hanya 347 kendaraan yang laik jalan. Sementara sisanya, sebanyak 624 kendaraan tidak laik jalan.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, kendaraan yang tidak laik jalan diberi kesempatan untuk diperbaiki.

"Yang tidak laik jalan dipersilakan ke pool jika mungkin masih bisa perbaikan, tapi secara prinsip PO (perusahaan otobus) wajib menyediakan bus yang dioperasikan dalam kondisi laik jalan," ujar Sigit melalui pesan singkat, Minggu (18/6).

Sigit menuturkan, apabila ada kendaraan yang tidak laik jalan, PO harus menyediakan bus cadangan, baik bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) maupun bus pariwisata, sebagai pengganti bus-bus yang tidak laik jalan. Bus-bus cadangan itu juga harus lulus uji ramp check.

"Sesuai amanat Menhub saat apel Posko Nasional Angkutan Lebaran 2017, kendaraan angkutan umum yang digunakan sebagai angkutan Lebaran harus lulus ramp check," katanya.

Sigit menyampaikan, Dishub DKI Jakarta akan terus melakukan ramp check hingga H+7 Lebaran 2017. Petugas bersiaga selama 24 jam di terminal-terminal bus untuk melakukan uji tersebut. "Ramp check kami setiap hari. Jadi di tiga terminal utama itu kan dari H-10, untuk di lima terminal bantuan kan operasinya H-7 sampai H+7. Jadi kami ada terus ramp check," papar Sigit.

Adapun Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 3.674 bus yang akan digunakan untuk mudik Lebaran 2017. Bus-bus tersebut terdiri dari bus reguler AKAP, bus bantuan yakni bus kota, dan bus pariwisata.

Bus pariwisata digunakan sebagai bus-bus cadangan apabila ada lonjakan penumpang. Bus-bus tersebut ada di delapan terminal di Jakarta yang disiapkan untuk mudik.

Ada tiga terminal utama, yakni Pulo Gebang, Kampung Rambutan, dan Kalideres. Sementara itu, ada lima terminal bantuan, yakni Pinang Ranti, Tanjung Priok, Muara Angke, Grogol, dan Lebak Bulus. (Nursita Sari)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Dishub DKI: 624 Bus Angkutan Lebaran Tidak Laik Jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru