Djarot bicara soal kemenangan mutlak ratusan TPS

Minggu, 19 Maret 2017 | 21:18 WIB Sumber: Kompas.com
Djarot bicara soal kemenangan mutlak ratusan TPS


JAKARTA. Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, tersenyum ketika diminta mengomentari adanya kemenangan mutlak di ratusan tempat pemungutan suara (TPS) pada putaran pertama Pilkada DKI Jakarta.

Adanya kemenangan mutlak di ratusan TPS itu dikritik oleh pasangan calon Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Yang lucu itu yang ngomong," ujar Djarot di kawasan Klender, Jakarta Timur, Minggu (19/3).

Djarot menolak berkomentar lebih jauh mengenai hal tersebut. Dia pun pergi menyudahi sesi wawancara.

Adapun, calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Sandiaga Uno, pernah mengungkapkan keanehan hasil pemungutan suara putaran pertama Pilkada DKI di 400 TPS.

Menurut Sandi, keanehan itu muncul karena pasangan nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, serta pasangan Anies-Sandi, sama sekali tidak mendapatkan suara.

"Ada 400 TPS yang suara kami dinolkan. Padahal rasanya tidak mungkin," kata Sandi, di posko pemenangannya, Jalan Melawai, Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (7/3).

Sandi menyebut hampir semua TPS yang hadil penghitungan suaranya dia nilai anomali itu berlokasi di Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Dia menduga hal itu merupakan bentuk kecurangan yang dilakukan secara masif, sistemik, dan tersturuktur.

"Walaupun raihan suaranya kok jomplang banget, tapi jangan mengeluh. Karena kalau kami mengeluhkan kompetisi yang dinilai kurang fair, rasa-rasanya kok seperti cengeng sekali," ujar Sandi. (Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru