Elektrifikasi Bangka Belitung capai 100%

Kamis, 30 Maret 2017 | 22:59 WIB   Reporter: Hendra Gunawan
Elektrifikasi Bangka Belitung capai 100%


BELITUNG. Roda perekonomian dan aktivitas warga pulau Sumedang di Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung kini lebih bergeliat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pada akhir 2016 lalu, pulau yang hanya dihuni oleh 150 kepala keluarga tersebut sudah teraliri listrik.

Pulau Sumedang adalah pulau terakhir yang dialiri listrik oleh PT PLN (Persero) wilayah Bangka Belitung.

General Manager PLN wilayah Bangka Belitung (Babel), Susiana Mutia, mengatakan, dengan masuknya aliran listrik ke Pulau Sumedang menandakan bahwa seluruh wilayah Bangka Belitung seluruhnya telah teraliri listrik.

Menurutnya sepanjang tahun 2016 lalu, sebanyak 381 desa di Babel telah memiliki akses jaringan listrik. "Dengan begitu, Babel jadi provinsi pertama di Sumatera yang rasio elektrifikasi desanya mencapai 100%," ujar Susi, di Pulau Sumedang, Kamis (30/3).

Meski demikian, lanjut Susi, saat ini warga pulau Sumedang baru bisa menikmati listrik selama 12 jam pada malam hari. Rencananya, tahun ini, kapasitas pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) di pulau itu akan ditingkatkan lagi sehingga warga bisa menikmati listrik selama 24 jam penuh.

Selain pulau Sumedang, tahun ini PLN Babel juga akan menambah kapasitas pembangkit di 7 pulau kecil lainnya. Yakni pulau Selat Nasik, pulau Seliu, pulau Pongok, pulau Celagen, pulau Nangka, san pulau Gersik.

Saat ini, PLN tengah melakukan pengadaan untuk penambahan kapasitas pembangkit dengan total daya 22 MW untuk wilayah-wilayah tersebut.

Ia berharap, dengan hadirnya akses listrik di pulau-pulau kecil ini dapat meningkatkan perekonomian di wilayah masing-masing, dan Babel secara keseluruhan.

Susi menambahkan, secara keseluruhan, Provinsi Babel saat ini mengalami surplus listrik. Misalnya saja di Bangka yang daya mampu listriknya tercatat sebesar 155,05 megawatt (MW) dengan beban puncak 124,2 MW sehingga ada cadangan daya 30,85 MW.

Sedangkan untuk Belitung daya mampu sebesar 70,8 MW dengan beban puncak 40,7 MW dan cadangan 30,1 MW.

Ia berharap, cadangan listrik yang melimpah ini dimanfaatkan oleh investor yang berniat menanamkan investasinya di Babel.

Targetnya, tahun ini, PLN Babel bisa mengaliri listrik ke pelanggan bisnis dan industri sebanyak 1.274 pelanggan. Target tersebut naik hampir dua kali lipat dibanding realisasi tahun sebelumnya yang memperoleh 746 pelanggan bisnis dan industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru