Ganjar masih unggul sementara atas Sudirman Said

Rabu, 27 Juni 2018 | 16:06 WIB   Reporter: Abdul Basith
Ganjar masih unggul sementara atas Sudirman Said

ILUSTRASI. CAGUB JATENG GANJAR PRANOWO MENCOBLOS


PILKADA - JAKARTA. Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin masih unggul sementara atas pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng).

Berdasarkan hitung cepat yang diselenggarakan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA, hingga suara masuk 71,75% Ganjar-Yasin unggul dengan perolehan suara 58,11%. Sementara Sudirman-Ida baru memperoleh suara sebesar 41,89%.

Hasil sementara tersebut sesuai dengan survey LSI Denny JA. Status incumbent dinilai menjadi faktor pendorong perolehan suara Ganjar.

"Faktor penentu Pilkada Jateng adalah tingkat kepuasan incumbent, pemantauan kami kinerja Ganjar diapresiasi publik," ujar Peneliti Senior LSI Denny JA, Ardian Sopa saat hitung cepat, Rabu (27/6).

Sopa bilang waktu Sudirman dalam merebut suara Jateng belum cukup. Jateng dinilai berbeda dengan DKI Jakarta.

Persebaran media di Jateng dinilai tidak secepat Jakarta. Hal itu membuat Sudirman yang notabene mantan Menteri tersebut tidak dapat memperoleh popularitas untuk menyaingi Ganjar.

Selain itu, strategi Ganjar menggandeng wakil dari kalangan tokoh agama pun menjadi pendorong. "Jatim banyak dukungan nasionalis dan religius, Ganjar menggandeng anak tokoh agama di Jateng sebagai wakil," terang Sopa.

Sebelumnya dalam survey LSI Denny JA pada bulan Juni 2018, Ganjar-Yasin diprediksi memperoleh 54% suara. Sementara Sudirman-Ida hanya 13%. Sopa bilang suara mengambang pada saat itu masih terlalu besar tetapi tidak akan membuat Sudirman-Ida menang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru