Gempa 5,1 SR guncang NTT

Senin, 04 Desember 2017 | 22:24 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa 5,1 SR guncang NTT


GEMPA BUMI - KUPANG. Gempa berkekuatan 5,1 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (4/12) malam.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang, NTT, Hasanudin mengatakan, gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 19.52 Wita.

Menurut Hasanudin, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,85 LS dan 122,93 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 65 kilometer arah barat laut Kabupaten Kupang pada kedalaman 61 kilometer.

"Dampak gempa bumi berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa wilayah yang berpotensi terdampak mengalami guncangan, antara lain Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao, pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI," papar Hasanudin, Senin.

Lanjutnya, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menuju ke bawah Lempeng Eurasia di kedalaman menengah.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu adanya penyesaran naik (thrust fault).

Hingga pukul 20.13 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kita imbau kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Kupang agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," imbuhnya. (Sigiranus Marutho Bere)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Gempa 5,1 SR Guncang NTT, Dua Kabupaten Terdampak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru