Gerbang tol Cikunir macet, pemudik pilih jalur alternatif

Rabu, 13 Juni 2018 | 10:01 WIB Sumber: Kompas.com
Gerbang tol Cikunir macet, pemudik pilih jalur alternatif

ILUSTRASI. Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi


MUDIK LEBARAN -  JAKARTA. Arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kemacetan pada H-2 Lebaran, Rabu (13/6) pagi. Akibatnya, sejumlah pemudik memilih menggunakan jalur alternatif. 

Salah satu pemudik yang menggunakan jalur alternatif adalah Restu Widayati. Pemudik yang tengah menuju Semarang itu memilih keluar dari jalan tol dan menggunakan jalan arteri sebagai alternatif. 

"Tadi saya stuck sekitar 30 menit di Tol Cikunir, enggak bergerak 2,5 kilometer akhirnya saya pilih keluar Kalimalang dan lewat jalur perumahan," kata Restu, saat dihubungi Kompas.com. 

Berbekal aplikasi penunjuk jalan, Restu melewati jalur arteri yang melalui beberapa kawasan di Bekasi seperti Pengasinan dan Mustika Jaya. 

Ia menuturkan, jalur tersebut terbilang cukup aman dan nyaman bagi pemudik. Dan yang terpenting, lalu lintasnya lebih lancar. "Saya mengikuti 'Google Maps' saja sih ini, tapi jalurnya enak, kok. Lebih lancar, lalu jalannya juga lebar dan halus, nyaman lah buat pemudik," kata dia. 

Adapun kemacetan di Tol Cikunir dinilai Restu sebagai akibat tidak tertibnya pengendara. 

Sebab, banyak pengendara yang melaju di sisi kanan jalan yang menuju pintu interchange di sisi kiri jalan. Akibatnya, kendaraan yang menumpuk menutup akses jalan. "Itu pengendara yang di sebelah kanan maunya langsung ke luar di ujung sehingga menutup jalan. Kalau ada petugas yang mengarahkan saya kira enggak akan begitu macet," kata dia. (Ardito Ramadhan)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul : Gerbang Tol Cikunir Tak bergerak, Pemudik Gunakan Jalur Alternatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru