Hati-hati menjelang supermoon, pantura Semarang dilanda banjir rob

Selasa, 30 Januari 2018 | 12:57 WIB Sumber: Kompas.com
Hati-hati menjelang supermoon, pantura Semarang dilanda banjir rob

ILUSTRASI. Banjir rob di Semarang


SUPERMOON - SEMARANG. Menjelang fenomena supermoon, blue moon dan gerhana bulan pada Rabu (31/1), wilayah Kota Semarang kembali tergenang banjir rob. Fenomena air pasang itu kembali melanda Jalan Pantura di Kaligawe, Semarang, Selasa (30/1).

Berdasarkan pantauan pada Selasa pagi tadi, banjir rob menggenangi jalan mulai dari Terminal Terboyo hingga Mapolsek Genuk. Banjir rob terpantau menggenangi beberapa titik di jalan pantai utara, baik jalan yang menghubungkan Semarang-Surabaya atau sebaliknya, Surabaya-Semarang.

Setidaknya ada beberapa titik genangan yang terlihat. Dari jalur Semarang menuju Surabaya, genangan antara 10cm-30 cm terjadi di dekat pintu masuk kawasan Indutri Terboyo.

Kemudian genangan air di jalur yang sama terjadi di dekat pertigaan Genuk. Air rob bahkan terlihat tak bisa mengalir di drainase. Baik titik pertama atau titik kedua, pompa mobil ukuran besar juga telah terpasang, namun belum mampu menyedot tingginya volume air.

Sementara di jalur Semarang menuju Jakarta genangan terjadi di depan Mapolsek Genuk hingga depan Terminal Terboyo. Ketinggian air variatif mulai 10 cm hingga 30 cm.

Di jalur ini, antrean kendaraan menuju Jakarta tidak terhindarkan lagi. Antrean kendaraan pagi tadi bahkan telah mencapai Pasar Sayung, Kabupaten Demak.

Selain di jalur Pantura, genangan air yang sama juga terjadi di Jalan Arteri Semarang. Air bah meremdm hampir sebagian jalan menuju Surabaya. Akibat banjir itu, jalan arteri terutama di lampu merah Pelabuhan Tanjung Emas mengalami rusak dan berlubang.

Banjir rob di semarang rutin terjadi hampir tiap bulan. Setidaknya air pasang terjadi ketika bulan mendekati purnama. (Nazar Nurdin)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Jelang Supermoon, Pantura Semarang Dilanda Banjir Rob

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru