Ini spesifikasi bus baru TransJakarta

Jumat, 13 Juli 2018 | 13:20 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Ini spesifikasi bus baru TransJakarta

ILUSTRASI.


TRANSJAKARTA - JAKARTA. Pemprov DKI Jakarta baru saja mendatangkan bus Transjakarta dari Swedia. Adapun jumlah bus yang diterima adalah 116 bus dengan merek Volvo. Bus ini nantinya akan dioperasikan oleh PT TransJakarta dalam waktu dekat ini.

“Jadi, pengarahaan bus-bus ini memang kita akan gunakan untuk operasional TransJakarta masa depan,” kata Direktur Utama TransJakarta Budi Kaliwono saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Jumat (13/7).

Menurut Budi, bus ini dinilai memiliki body yang lebih besar daripada bus TransJakarta sebelumnya. Oleh karena itu diharapkan dengan pengadaan bus baru ini bisa memuat penumpang lebih banyak lagi. “Ini dia maxi. Dia panjangnya 13,5 meter dan automotic. Jadi kalau dinaikin lebih nyaman karena punya body yang lebih panjang,” kata Budi.

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno yang sempat mencoba menaiki bus baru ini juga mengungkapkan bahwa bus ini sangat mulus dan memiliki kualitas yang bagus. “Busnya tadi kami coba 6 silinder, sangat mulus, dan mudah-mudahan juga kita akan dapat kualitas yang bagus dari bus Volvo ini,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menambahkan bahwa sejauh ini Pemprov DKI memiliki hubungan kerja sama yang baik bersama dengan pemerintah Swedia. Sebelumnya Pemprov juga sudah memiliki bus produksi Swedia dengan nama Scania. “Jadi selain Volvo, kita juga ada Scania 300 unit. Dan Scania ini juga buatan Swedia juga," kata Sandiaga. 

Bus TransJakarta yang dimiliki DKI saat ini adalah 1.600 unit dengan tambahan untuk Asian Games ini menjadi 2.000 unit bus. Untuk bus baru Volvo yang berjumlah 116 ini rencananya akan digunakan untuk fasilitas transportasi Asian games yang dioperasikan di koridor 10, koridor 5 dan beberapa koridor yang masih di belum final keputusannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru