Ini syarat ikut program rumah DP 0 rupiah

Jumat, 19 Januari 2018 | 14:13 WIB   Reporter: Sanny Cicilia
Ini syarat ikut program rumah DP 0 rupiah

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


KPR - JAKARTA. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan menjelaskan beberapa syarat yang harus dipenuhi warga untuk dapat mengikuti program rumah DP 0 rupiah.

"Program ini untuk warga DKI, yang ber-KTP DKI," ujar Agustino saat dihubungi, Kamis (18/1).

Dia melanjutkan, syarat kedua dan ketiga adalah warga tersebut sudah menikah dan belum memiliki rumah.

"Nanti ada syarat melampirkan surat keterangan dari lurah setempat yang menyatakan warga tersebut belum pernah memiliki rumah," kata dia.

Persyaratan berikutnya, warga tersebut harus berpenghasilan di bawah Rp 7 juta dan minimal memiliki gaji sesuai upah minimum provinsi (UMP DKI).

"Kalau gajinya tidak UMP, bagaimana mau nyicil," katanya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan rumah DP (down payment) 0 rupiah.

Groundbreaking dilakukan di kawasan Klapa Village, Jalan H. Naman, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Kawasan ini terletak di samping Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa.

Acara ini menjadi pertanda dimulainya program yang telah menjadi janji Anies dan wakilnya, Sandiaga Uno sejak masa kampanye Pilkada 2017 lalu.

Pada tahap awal, akan dibangun 703 unit hunian yang terdiri dari 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21. Harga per unitnya untuk yang tipe 36 adalah Rp 320 juta, tipe 21 harganya Rp 185 juta. (Sherly Puspita)


Berita ini sudah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Ini Syarat Ikut Program Rumah DP 0 Rupiah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru