Jelang Asian Games, sarana kebersihan diremajakan

Kamis, 21 Desember 2017 | 14:35 WIB Sumber: Kompas.com
Jelang Asian Games, sarana kebersihan diremajakan


ASIAN GAMES - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meremajakan sarana pengelolaan lingkungan hidup jelang Asian Games 2018. Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, semua unit kebersihan ini akan disebar ke tiap Suku Dinas Lingkungan Hidup di Jakarta.

"Kita punya aset baru untuk kebersihan lingkungan di DKI Jakarta. Kami harap aset ini bisa bermanfaat, dan lebih penting lagi dijaga perawatannya," ucap Sandiaga dalam sambutannya, Kamis (21/12).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Adji mengatakan, pengadaan berbagai sarana pengelolaan lingkungan hidup ini dilakukan sesuai analisis kebutuhan dan perencanaan yang matang.

"Selain menyambut Asian Games, armada ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kebersihan dan lingkungan hidup ibu kota. Kami bertekad Jakarta sejajar dengan kota-kota maju dunia,” kata Adji.

Lebih dari 1.000 unit sarana baru yang diremajakan, mulai 25 mobil penyapu jalan berukuran besar, 6 mobil penyapu jalan berukuran kecil, 25 truk sampah jenis compactor berkapasitas lebih dari 10 meter kubik dan 50 unit berkapasitas 15 meter kubik. Kemudian 5 unit wheel loader dan 1.000 unit gerobak motor.

"Saat ini, kami pakai truk compactor untuk mengangkut sampah dan semuanya tertutup agar tidak menggangu masyarakat. Truk ini juga memiliki daya angkut lebih besar, karena punya alat untuk penyaring sampah," kata Adji.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup juga menyediakan 22 unit bus toilet VIP yang akan ditempatkan di titik-titik keramaian, seperti hari bebas kendaraan bermotor dan tempat wisata.

"Dua bus toilet di antaranya didesain khusus bagi penyandang disabilitas," ujar Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Lingkungan Hidup Hari Nugroho. (Stanly Ravel)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Jelang Asian Games 2018, DKI Remajakan Sarana Kebersihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru