Kementerian PUPR terjunkan tim khusus pasca selasar BEI ambruk

Selasa, 16 Januari 2018 | 11:17 WIB Sumber: Kompas.com
Kementerian PUPR terjunkan tim khusus pasca selasar BEI ambruk


BURSA EFEK INDONESIA / BEI - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menerjunkan tim guna mencari tahu dugaan penyebab ambruknya lantai mezanin Tower 2 Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI).

Peristiwa yang terjadi pada Senin (15/1) siang itu, menyebabkan 77 orang luka-luka dan harus dilarikan ke tiga rumah sakit berbeda.

"Kemarin kami kirim tim, tapi itu hanya untuk lihat visual. Kemungkinan hari ini timnya sudah berjanji untuk bertemu dengan teman-teman (Ditjen) Cipta Karya dan dari REI, mungkin juga ada tim dari DKI," kata Direktur Bina Penyelenggaraan pada Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Sumito, Selasa (16/1).

Sampai saat ini, belum bisa diketahui secara pasti penyebab ambruknya lantai tersebut. Menurut Sumito, perlu diterjunkan tim ahli forensik engineering untuk memastikan penyebab utama insiden itu.

Penurunan tim ahli forensik, ia menambahkan, akan menjadi ranah Pemda DKI. Pasalnya, Gedung BEI merupakan gedung komersial, bukan milik pemerintah.

Selama ini, pihak swasta mengurus sertifikat laik fungsi (SLF) dan perizinan gedung tersebut langsung ke Pemda DKI. "Tapi itu yang pasti akan ditangani Pemda DKI. termasuk menurunkan tim tadi, forensik engineering," kata Sumito.  (Dani Prabowo) 

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Kementerian PUPR Terjunkan Tim Khusus Pasca Mezanin BEI Ambruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru