KPU DKI: Jangan percaya begitu saja dengan medsos

Selasa, 07 Februari 2017 | 14:02 WIB Sumber: Kompas.com
KPU DKI: Jangan percaya begitu saja dengan medsos


JAKARTA. Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengingatkan masyarakat untuk tidak langsung memercayai semua hal yang beredar di media sosial. Sumarno mengingatkan hal tersebut terkait adanya penyebaran beberapa e-KTP dengan NIK dan nama yang berbeda, namun foto yang sama.

"Kepada masyarakat, kami mengimbau untuk tidak percaya begitu saja dengan yang berkembang di media sosial, hendaklah melakukan check and re-check," ujar Sumarno dalam jumpa pers tentang koordinasi pengamanan Pilkada di Kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (7/2).

Sumarno juga meminta masyarakat untuk mengonfirmasi kebenaran informasi yang beredar di media sosial kepada pihak yang berwenang. Sumarno mengatakan, beredarnya informasi bohong atau hoax di media sosial berkaitan dengan keamanan Pilkada.

"Ada hubungannya dengan suasana keamanan Pilkada. Apa yang berkembang di media sosial tentang beredarnya KTP dengan wajah yang sama itu adalah berita hoax, tidak benar," kata dia.

Sumarno berharap seluruh masyarakat turut menciptakan suasana yang kondusif sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar, damai, dan demokratis. 

Selain beredarnya KTP yang wajahnya dipalsukan, berita hoax lainnya terkait Pilkada yakni adanya informasi yang menyatakan strategi KPU DKI Jakarta untuk memenangkan pasangan cagub-cawagub nomor pemilihan dua DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat. KPU DKI telah melaporkan akun yang menyebarkan informasi tersebut ke Polda Metro Jaya. (Nursita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru