Lahan gambut seluas 5 ha di Riau terbakar lagi

Kamis, 22 Februari 2018 | 07:12 WIB   Reporter: Dupla Kartini
Lahan gambut seluas 5 ha di Riau terbakar lagi

ILUSTRASI. KEBAKARAN LAHAN GAMBUT


KEBAKARAN LAHAN - PEKANBARU. Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Desa Penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Kali ini, lahan gambut seluas 5 hektare terbakar pada Rabu (21/2).

Kapolres Siak AKBP Barliansyah mengatakan, lahan yang terbakar seluas lebih kurang 5 ha. "Lahan yang terbakar ini merupakan lahan kosong, yang terdapat semak belukar dengan kondisi tanah gambut," katanya.

Dia mengatakan, api sudah dapat dipadamkan oleh tim gabungan yang terdiri dari Koramil dan Polsek Sungai Apit, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), Damkar, PT RAPP, dan PT Arara Abadi. Total kekuatan sekitar 50 orang petugas. Petugas melakukan pemadaman dengan dibantu tujuh unit mesin pompa air dan satu unit alat berat ekskavator.

"Setelah api dipadamkan, petugas melanjutkan pendinginan, karena lahan yang terbakar masih mengeluarkan asap," ujar Barliansyah.

Menurutnya, petugas di lapangan membuat sumur secara manual di sepanjang lokasi yang terbakar. "Karena sudah pukul 19.00 WIB malam, pendinginan dihentikan. Besok pagi (Kamis) dilanjutkan lagi apabila masih berasap," ucap Barliansyah.

Namun, untuk mengantisipasi merambatnya api yang masih ada di lahan gambut, tim gabungan telah membuat parit di sekeliling area yang terbakar.

Barliansyah mengaku, hingga saat ini pihaknya masih menyelidiki pemilik lahan yang terbakar tersebut. "Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar," tuturnya.

Sebelumnya, kebakaran lahan lebih kurang 1 ha juga ditemukan di lokasi yang tidak jauh dari tempat kebakaran yang terjadi saat ini, tepatnya di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, pada Senin (19/2/2018). Kebakaran lahan tersebut telah berhasil dipadamkan oleh tim satgas. (Citra Indriani)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Lima Hektar Lahan Gambut di Riau Kembali Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru