Landasan pacu Bandara Hang Nadiem ambles 2 meter

Sabtu, 23 September 2017 | 08:41 WIB Sumber: TribunNews.com
Landasan pacu Bandara Hang Nadiem ambles 2 meter


INFRASTRUKTUR DAERAH - Permukaan jalan penghubung pesawat antara landasan pacu dengan parkir pesawat (apron) Bandara Internasional Hang Nadim Batam ambles. Permukaan aspal yang ambles itu berukuran panjang sekitar 12 meter dan lebar sekitar 5 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Manager Operasinal Bubu Hang Nadim, Suwarso mengatakan, kerusakan bagian landasan pacu yang disebut taxiway itu terjadi pada dua pekan lalu. "Saat ini sedang dalam pengerjaan,'' katanya, Jumat (22/9).

Suwarso menambahkan, kerusakan itu merupakan fenomena alam. Kawasan itu tanah kuning dan cenderung ambles karena beban setiap saat di atasnya serta gerusan air di bawah permukaan tanah. "Kejadian ini tidak mengganggu operasional bandara," kata Suwarso.

Selain melakukan perbaikan, otoritas bandara juga melakukan penelitian di seluruh areal landasan pacu.

Selain itu juga dilakukan penelitian laboratorium terkait tanah yang hasilnya nanti akan menjadi pedoman untuk kerangka acuan kerja (KAK) dan anggaran perbaikan.

Pihak Bandara juga melakukan mitigasi untuk memperkecil risiko meluasnya kerusakan dengan membuat aliran sedalam enam meter. (Leo Halawa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru