Libur, 90.000 kendaraan diprediksi ke luar Jakarta

Jumat, 21 April 2017 | 21:44 WIB Sumber: Kompas.com
Libur, 90.000 kendaraan diprediksi ke luar Jakarta


JAKARTA. PT Jasa Marga memprediksi akan ada kenaikan volume kendaraan dari Jakarta menuju ke luar daerah saat libur, 22-24 April. Libur akhir pekan ini menjadi lebih panjang karena ada libur peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW pada 24 April 2017.

Jasa Marga memperkirakan, volume kendaraan yang meninggalkan Jakarta mulai meningkat pada Jumat (21/4) malam.

AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, puncak kenaikan volume kendaraan yang keluar dari Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama di Ruas Tol Jakarta-Cikampek diprediksi terjadi mulai Jumat malam dengan perkiraan kenaikan volume kendaraan sekitar 2,11%.

"Pada kondisi normal volume lalu lintas yang melintas sekitar 88.000 kendaraan, maka pada libur Isra Miraj, volume lalu lintas puncak diperkirakan akan mencapai 90.000 kendaraan pada hari ini,” ujar Heru dalam keterangan tertulis, Jumat.

Heru menuturkan, peningkatan volume kendaraan tersebut tidak akan terlalu signifikan karena dipengaruhi oleh pengaturan lalu lintas khususnya terhadap angkutan barang tiga sumbu lebih.

Berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, angkutan barang tiga sumbu lebih akan dialihkan ke kantong-kantong parkir pada tempat istirahat di jalan tol atau ke jalan non-tol jika kondisi arus lalu lintas di jalan tol padat.

Selain itu, kenaikan volume kendaraan pada libur panjang kali ini diprediksi tidak terlalu signifikan karena pada April 2017 terdapat dua momen libur panjang akhir pekan. Adapun dua libur panjang tersebut yakni, libur panjang wafatnya Isa Al Masih pada 14-16 April 2017, dan libur panjang pada pekan ini dalam peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

"Sehingga pengguna jalan tol memiliki pilihan waktu mudik. Dampaknya, volume lalin pun terdistribusi tidak dalam satu tempo waktu yang bersamaan sehingga kenaikan volume lalin pun tidak terlalu signifikan," kata Heru.

Sementara itu, gerbang tol lain yang diprediksi mengalami peningkatan volume kendaraan yaitu gerbang tol Cibubur Utama Jalan Tol Jagorawi.

Pada kondisi normal, volume kendaraan di gerbang tol itu mencapai sekitar 100.000 kendaraan, sedangkan pada libur panjang kali ini diprediksi meningkat 3,65% atau menjadi 103.900 kendaraan.

(Akhdi Martin Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru