Masih 121 desa di Jambi belum teraliri listrik

Kamis, 23 Maret 2017 | 16:36 WIB Sumber: Antara
Masih 121 desa di Jambi belum teraliri listrik


JAMBI. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN Persero) Area Jambi menyebutkan saat ini masih ada 121 desa di sejumlah wilayah kabupaten di Provinsi Jambi belum teraliri jaringan listrik. PLN akan mengupayakan untuk mengaliri daerah-daerah tersebut secara bertahap.

"Dari 121 desa yang belum teraliri listrik tersebut jumlahnya tersebar dan yang paling banyak itu berada di Kabupaten Merangin dan Tanjungjabung Barat," kata Manager PLN (Persero) Area Jambi, Kamis (23/3).

Pihaknya menargetkan seluruh desa dapat teraliri listrik hingga tahun 2019 dan akan diupayakan secara bertahap karena harus melalui survei pemasangan transmisi jaringan.

PLN Area Jambi pada tahun 2016 telah menyelesaikan 24 desa yang telah teraliri listrik. Sedangkan pada tahun 2017 ini, pihaknya menargetkan sebanyak 52 desa diupayakan dialiri listrik. Saat ini sudah dilakukan survei potensi pelanggan dan survei pemasangan transmisi jaringan. "Untuk sisanya yang belum ditargetkan pada tahun selanjutnya," katanya menjelaskan.

Sementara itu saat ini kapasitas daya listrik di Jambi telah mencapai 600 Megawatt (MW) sehingga tidak lagi mengalami defisit. Sedangkan untuk beban puncaknya hanya 300 MW, dan masih mempunyai cadangan daya 300 MW.

Kapasitas daya listrik tersebut berasal dari tiga pembangkit listrik yang berada di wilayah Selincah, Kota Jambi, Sungai Gelam, Muarojambi dan dari Bayung Lincir Sumatera Selatan.

(Dodi Saputra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru