Obama akan ditantang 'jemparingan' di Prambanan

Rabu, 28 Juni 2017 | 21:17 WIB Sumber: Kompas.com
Obama akan ditantang 'jemparingan' di Prambanan


YOGYAKARTA. Di Candi Prambanan, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama direncanakan tak hanya akan menikmati keindahan kompleks candi. Obama juga bakal ditantang melakoni olahraga tradisional Mataram yang disebut jemparingan.

Manajemen Taman Wisata Candi Prambanan menyiapkan wahana jemparingan di sisi sebelah barat candi induk. Lokasi olahraga memanah itu berada atas rumput hijau dan di bawah pepohonan yang rindang.

Jemparingan merupakan seni memanah gaya Mataram yang sering digelar di wilayah Yogyakarta. Cara memanah gaya Mataram ini tak seperti memanah pada umumnya karena pemanah harus duduk dengan gaya "Mataraman". Duduk gaya Mataraman yaitu duduk bersila dan menghadap ke arah barat.

Sasaran tembak olahraga tradisional ini pun bukan berbentuk lingkaran yang terdiri dari beberapa warna. Sasaran tembak berupa bandulan (gantungan) berbentuk serabut bambu yang diikat menjadi satu sejauh 30 meter dari posisi pemanah.

"Kalau berkenan, nanti akan kami tawarkan beliau (Obama) untuk memainkan olahraga jemparingan," kata General Manajer Taman Wisata Candi Prambanan, Pujo Suwarno, kepada wartawan di Candi Prambanan, Rabu (28/6).

Pujo mengatakan, wahana ini memang disiapkan untuk wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan. Menurutnya, setiap pengunjung yang anak panahnya berhasil mengenai sasaran tembak bakal mendapatkan hadiah.

"Kalau beliau (Obama) bisa mengenai sasaran hadiahnya sepeda," ucap Pujo.

Olahraga tradisional ini memang cukup sulit. Selain sasaran tembaknya hanya berupa serabut, posisi memanah harus duduk bersila. Konon olahraga tradisional itu berguna untuk melatih kesabaran dan konsentrasi. (Teuku Muhammad Guci Syaifudin)

Artikel berikut ini sudah tayang di Kompas.com berjudul: Di Prambanan, Obama Akan Ditantang Memanah dengan Gaya Mataram

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru