Okupansi hotel di Sukabumi capai 98%

Minggu, 23 April 2017 | 21:43 WIB Sumber: Antara
Okupansi hotel di Sukabumi capai 98%


SUKABUMI. Libur panjang akhir pekan yang bersamaan dengan libur nasional Isra Miraj Nabi Muhammad SAW menyebabkan tingkat hunian kamar hotel yang berada di objek wisata laut mencapai 98%.

"Mayoritas penyewa kamar merupakan wisatawan dari luar Sukabumi," kata Seketaris Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi Yanyan Nuryanto di Sukabumi, Minggu (23/4).

Menurutnya, informasi yang diterima pihaknya dari pengelola maupun pemilik hotel serta penginapan kepada penyewa kamar sudah terjadi sejak Sabtu, (22/4). Mayoritas penyewa kamar tersebut berasal dari luar Sukabumi seperti Jakarta, Bogor, Bandung dan beberapa daerah terdekat lainnya.

Bahkan hingga Minggu malam kendaraan wisatawan yang masuk ke objek wisata laut baik ke wilayah Kecamatan Ciracap hingga Cisolok masih tetap mengalir. Kemungkinan puncak kedatangan wisatawan terjadi pada Minggu malam.

Tingginya jumlah wisatawan yang menyewa kamar baik penginanan maupun hotel karena banyak pengelola yang memberikan pelayanan khusus dalam harga sewa ditambah cuaca di sekitar pantai hujan dan terjadi gelombang pasang.

"Untuk jelasnya berapa jumlah wisatawan yang menyewa kamar hotel atau penginapan harus didata ke setiap pengelola, tetapi informasi yang masuk ke kami mencapai 98%," tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman mengatakan, objek wisata laut apalagi saat ini ada Geopark Ciletuh Palabuhanratu sehingga menjadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah.

Maka dari itu, untuk mempermudah kedatangan pelancong ini pihaknya kerap berkoordinasi dengan Pemprov Jabar terkait sarana khusus jalan provinsi yang rusak agar segera diperbaiki.

(Aditya Rohman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru