PDI-P ingatkan KPUD DKI bersikap netral

Selasa, 07 Maret 2017 | 11:21 WIB Sumber: TribunNews.com
PDI-P ingatkan KPUD DKI bersikap netral


JAKARTA. Tim pemenangan Ahok-Djarot mendapat banyak laporan dari masyarakat yang tidak memiliki hak suara pada hari pencoblosan. Bahkan saat antrean masih panjang, TPS sudah ditutup oleh panitia.

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto berharap, KPUD DKI Jakarta bisa netral melaksanakan tugas, terutama saat hari pencoblosan.

Hasto tidak ingin KPUD berpihak kepada salah satu pasangan calon. "KPUD seharusnya bersikap netral, tidak berpihak, bisa menjaga bahwa ini marwah demokrasi yang kita pegang bersama," ujar Hasto di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Senin (6/3).

Hasto mengingatkan agar KPUD tidak membuat regulasi baru di hari pencoblosan. Karena dampaknya, masyarakat menilai KPUD tidak netral.

"KPUD tidak ada persepsi membuat aturan-aturan yang secara langsung atau tidak secara langsung dipersepsikan berpihak kepada salah satu pasangan calon," tegas Hasto.

Hasto meminta peranan Bawaslu ditingkatkan untuk menghindari adanya kecurangan dan hilangnya hak suara masyarakat yang ingin memilih.

"Bagaimana menjalankan secara langsung pemilu yang umum, bebas, rahasia, demokratis, jujur dan adil ini tanggung jawab dari KPUD. Sehingga Bawaslu juga kami harapkan melakukan pengawasan sesuai dengan kewenangannya," kata Hasto.

(Adiatmaputra Fajar Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru