PDIP: Ridwan Kamil baru penuhi satu 'syarat'

Kamis, 13 Juli 2017 | 21:52 WIB Sumber: Kompas.com
PDIP: Ridwan Kamil baru penuhi satu 'syarat'


JAKARTA. Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira menilai, Ridwan Kamil baru memenuhi satu indikator untuk bisa didukung partainya dalam Pilkada Jabar 2018. Satu indikator yang dimaksud adalah tingkat penerimaan di masyarakat atau elektabilitas.

"Apa yang terjadi hari ini (pada sosok Ridwan Kamil) kan baru salah satu indikator saja," ujar Andreas di Sekretariat Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (13/7).

Sebab, berdasarkan survei yang dirilis SMRC, nama Ridwan Kamil unggul dibandingkan nama lain semisal Deddy Mizwar atau Dedi Mulyadi.

Dalam pertanyaan terbuka, yakni "Seandainya pilkada Jabar dilakukan hari ini, siapa sosok yang akan dipilih?" sebanyak 13,1% responden memilih nama Wali Kota Bandung tersebut. Sementara, 3,4% responden memilih Wali Kota Purwakarta Dedi Mulyadi.

Adapun, sosok selanjutnya yang dipilih responden berturut-turut adalah Deddy Mizwar dengan 2,3%, Ahmad Heryawan dengan 1,7%, UU Ruzhanul Ulum dengan 1,3% dan Abdullah Gymnastiar atau Aa gym dengan 1,1%.

Dalam simulasi pertanyaan tertutup di mana SMRC mengajukan sejumlah nama sosok, mayoritas responden tak berubah. Mayoritas tetap memilih Ridwan Kamil dan baru selanjutnya Deddy Mizwar.

Andreas melanjutkan, indikator selanjutnya yang membuat PDI Perjuangan akan mendukung Wali Kota Bandung tersebut adalah faktor kekuatan politik alias mitra koalisi.

"Selain itu, ada juga modal politik, dalam artian dukungan partai politik. Bagaimana mengklopkan antara modal sosial (elektabilitas) dengan dukungan partai sehingga bisa berjalan bersamaan dengan mesin partai," ujar Andreas.

Meski demikian, Andreas memastikan, hingga saat ini, PDI Perjuangan belum memutuskan siapa yang akan diusung dalam Pilkada Jawa Barat. Partainya masih melihat dan menjaring nama dari akar rumput. (Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: PDI-P Sebut Ada "Syarat" yang Belum Terpenuhi Ridwan Kamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru