Pekan depan, Risma didaftarkan jadi cagub Jatim

Sabtu, 03 Juni 2017 | 08:45 WIB Sumber: Kompas.com
Pekan depan, Risma didaftarkan jadi cagub Jatim


SURABAYA. Pekan depan, PDI-P Surabaya akan mendaftarkan nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jawa Timur 2018.

Keputusan untuk mendaftarkan Risma sebagai cagub Jatim dihasilkan dalam rapat DPC PDIP Surabaya, Jumat (2/6) malam.

"Minggu depan kami akan mengambil formulir cagub untuk Bu Risma," kata Sektetaris DPC PDIP Surabaya, Saifudin Zuhri, saat dikonfirmasi.

Menurut dia, pengusungan Risma sesuai intruksi DPD PDI-P Jawa Timur yang meminta semua DPC mendaftarkan kadernya yang potensial.

"Kader terbaik PDI-P di Surabaya adalah Bu Risma, beberapa lembaga survei juga menyebut elektabilitas Risma cukup tinggi untuk cagub Jatim," ungkap Saifudin.

Publik, lanjut dia, sudah tahu alasan Risma disebut kader paling potensial PDIP Surabaya. Prestasi Risma di pemerintahan tidak hanya diakui secara nasional, tetapi juga oleh dunia internasional.

Sebagai kader partai, Saifudin pun berharap Risma bisa mematuhi instruksi dan perintah partai.

"Kader partai tidak punya hak mengiyakan atau menolak. Yang pasti kader partai yang baik harus patuh pada intruksi partai," tegasnya.

Meski tidak pernah mendeklarasikan maju ke Pilkada Jawa Timur, popularitas dan elektabilitas Risma masuk di tiga besar nama cagub Jatim.

Hasil survei Lembaga Survei Regional (LSR) sejak November 2016 hingga Maret 2017 menunjukkan, elektabilitas Risma mencapai 34%, tiga poin di bawah Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang mencapai 37% dan satu poin lebih tinggi daripada Khofifah Indar Parawansah yang mendapat 33%.

Sementara untuk popularitas, Risma memeroleh 78%, masih berada di bawah Gus Ipul yang mencapai 86%, tetapi di atas Khofifah yang mengantongi 77%. (Achmad Faizal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru