Pemprov DKI raih penghargaan TPID terbaik se-Jawa

Kamis, 27 Juli 2017 | 14:41 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI raih penghargaan TPID terbaik se-Jawa


JAKARTA. Pemprov DKI Jakarta menerima penghargaan sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik di Pulau Jawa.

Penghargaan itu diterima melalui Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dalam acara Rakornas VIII TPID di Grand Sahid Jaya, Kamis (27/7).

"Jadi tadi namanya penghargaannya TPID terbaik se-Jawa diberikan kepada Jakarta karena keberhasilan di dalam mengendalikan inflasi terutama pada saat Lebaran kemarin," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis.

Dalam acara itu, Djarot mengaku sempat berbagi "resep" untuk menjaga inflasi kepada perwakilan daerah lainnya. Ia mengatakan, resep pertama yakni menyinergikan peran tiap-tiap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Pada Ramadan lalu, beberapa BUMD di Jakarta, seperti PT Foodstasion, PD Dharma Jaya, PD Pasar Jaya, dan PT Transjakarta saling bersinergi untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok.

Dengan sinergi tersebut, harga bahan pokok di Jakarta pada bulan Ramadan terhitung stabil. Faktor lain yang membuat TPID Jakarta menjadi yang terbaik yakni adanya mesin control atmospher storage (CAS). Mesin tersebut bisa digunakan untuk menyimpan cabai agar lebih awet.

Djarot pun menyarankan kepada pemerintah daerah lain agar memiliki alat itu juga.

Selain itu, lanjutnya, Pemprov DKI melakukan farming contract dengan daerah-daerah. "Jadi kami kerja sama untuk mengumpulkan bahan yang kami butuhkan, kami langsung beli dan masukkan dalam mesin," ujar Djarot.

Kemudian, "resep" ketiga yang membuat TPID di Jakarta menjadi terbaik yakni komitmen Pemprov DKI memberikan subsidi untuk warga yang tidak mampu dengan cashless management system. Misalnya, warga kurang mampu bisa membeli daging dengan menggunakan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

"Untuk Jawa itu adalah DKI yang terbaik, di (Pulau) Sumatra itu (TPID terbaik) Sumatera Barat, dan untuk wilayah timur itu Bali. Karena tidak bisa kita langsung apple to apple dibandingkan, Jakarta misalkan dibandingkan dengan wilayah di Papua Barat, tidak bisa," ujar Djarot. (Jessi Carina)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Pemprov DKI Dapat Penghargaan sebagai Pengendali Inflasi Terbaik di Jawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru