Pengelola pastikan dua tower Gedung BEI aman digunakan

Rabu, 17 Januari 2018 | 07:46 WIB Sumber: Kompas.com
Pengelola pastikan dua tower Gedung BEI aman digunakan

ILUSTRASI. Suasana BEI Pasca Ambruknya Selasar Gedung Tower II


BURSA EFEK INDONESIA / BEI - JAKARTA. Director of Cushman & Wakefield Indonesia Farida Riyadi selaku pengelola Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa dua tower Gedung BEI aman.

Hal ini disampaikan Farida berdasarkan hasil pemeriksaan konsultan independen terhadap ambrolnya selasar mezanin tower II Gedung BEI.

Pihak pengelola Gedung BEI melibatkan konsultan independen untuk melakukan pengecekan terhadap struktur gedung setelah insiden yang terjadi pada Senin (15/1) tersebut.

Adapun konsultan independen yang ditunjuk yakni dari Laboratorium Struktur dan Material Departemen Teknik Sipil Universitas Indonesia (UI), PT Gistama Inti Semesta, PT Arkonin, dan PT Rematha Daksa Optima.

Menurut Farida, berdasarkan hasil pemeriksaan konsultan, kegagalan terjadi pada struktur sekunder bangunan, atau bukan pada struktur utama gedung.

Karena kegagalan terjadi di struktur sekunder atau bukan di struktur utama, Gedung BEI disimpulkan aman.

"Jadi secara konstruksi gedung bisa kita menyatakan dua tower kondisinya aman karena ini tidak ada sangkut pautnya dengan kondisi sekunder dari kemarin," kata dia, Selasa (16/1).

Kegagalan tersebut berawal dari beban yang melebihi kapasitas sambungan penggantung lantai mezanin.

"Antara gedung tower I dan tower II itu merupakan bangunan independen yang secara struktur terpisah satu sama lain. Kita akan melakukan assessement atas struktur dua tower tersebut," ujar Farida.

Ia juga menyampaikan, kegiatan di tower I gedung berjalan normal sejak Selasa. Pihak pengelola mengupayakan agar tower II bisa digunakan kembali pada Rabu (17/1).

"Pekerjaan pembongkaran puing sedang kita lakukan. Kita lakukan secara maksimal untuk mengeluarkan puing-puing malam ini supaya besok tower II bisa digunakan seperti semula," ujar dia.

Mezanin Gedung BEI ambrol sekitar pukul 11.56 WIB, Senin. Saat itu, korban yang mayoritas merupakan mahasiswa Universitas Bina Darma, Palembang, sedang berjalan di mezanin BEI untuk mencari sebuah ruangan.

Ketika mereka berhenti di satu titik bangunan itu, tiba-tiba saja selasar ambrol sehingga membuat puluhan orang terjatuh ke lantai dasar.

Di lantai dasar, ada sejumlah orang yang sedang berlalu lalang tertimpa reruntuhan bangunan itu. (Iwan Supriyatna)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com, berjudul: Pengelola: Gedung BEI Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru