Pilgub, Sudirman Said yakin diusung tiga partai

Senin, 21 Agustus 2017 | 10:56 WIB Sumber: Kompas.com
Pilgub, Sudirman Said yakin diusung tiga partai


PILGUB JATENG - Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said meyakini akan diusung tiga partai politik pada gelaran Pilkada Jawa Tengah Juni 2018. Ketiga partai itu yaitu Gerindra, PAN, dan PKS.

"Tiga partai itu yang bicaranya mengerucut," ujar Sudirman di Semarang, Minggu (20/8) sore.

PAN misalnya, sudah sering menyebut dukungan pada dirinya untuk maju. Sementara, Gerindra dan PKS sudah ditemuinya beberapa waktu lalu.

Tiga partai itu, kata Sudirman, relatif "mudah" diajak berkomunikasi karena kesamaan dukungan saat berkoalisi mendukung pasangan Anis Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta.

Jika tiga partai itu kompak mengusung Sudirman, koalisi Jakarta akan mengular di Pilgub Jateng. Sudirman mengklaim, tiga partai itu mendukungnya bersosialisasi ke masyarakat Jateng.

"Sebelum ada perkembangan mengenai Jawa Tengah, saya banyak kawan-kawan di partai. Jadi komunikasi bukan yang pertama. Tentunya (dulu) bukan hanya urusan Jawa Tengah, tapi urusan-urusan lain," tuturnya.

Sudirman menyebut, komunikasi dengan elit politik masih berlangsung hingga saat ini. Imbasnya, komunikasi dilakukan secara cair tanpa adanya ketegangan. "Saya bersyukur karena persahabatan saya dengan beliau-beliau itu tentu memudahkan untuk memulai. Jadi suasananya cair, suasananya saling mengisi," katanya.

Selain ketiga partai, Sudirman juga menjajaki komunikasi dengan elit Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sudirman telah menemui PPP Kabupaten Tegal dan berkunjung ke Dewan Syura PPP, KH Maimun Zubair.

Di PPP, Sudirman mengaku disambut baik dan semua yang ditemui umumnya mendukung langkahnya untuk maju di Jawa Tengah.

“Saya percaya bahwa beliau-beliau (elit politik) pada waktunya akan memberi keputusan yang bijak. Tentu saja mereka akan memilih orang yang terbaik yang diterima masyarakat," ujar Sudirman.

Pada kegiatan Minggu kemarin dengan relawan, Sudirman juga menerima mandat untuk ikut memperjuangkan aspirasi warga yang ingin Jateng maju dan bermartabat. (Nazar Nurdin)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Sudirman Said Yakin Diusung Tiga Partai di Pilkada Jateng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru