Proyek integrasi antar moda di Stasiun Tebet kelar

Selasa, 05 Desember 2017 | 11:15 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Proyek integrasi antar moda di Stasiun Tebet kelar


KERETA API - JAKARTA. Pembangunan tiga area hall baru di Stasiun tebet telah rampung. Keluar masuk penumpang di wilayah stasiun tersebut kini diakomodir melalui 3 jalur yakni hall arah kampung melayu, arah jalan Casablanca dan arah Tebet timur raya.

Eva Chairunisa, VP Komunikasi Perusahaan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengatakan, dua hall baru yang dibangun yakni arah Kampung Melayu dan Casablanca langsung diarahkan menuju feeder transjakarta dan moda lainnya.

Dengan beroperasinya 3 hall baru tersebut maka saat ini masyarakat pengguna jasa KRL khususnya yang beraktifitas di Stasiun Tebet dengan angka sekitar 70.000 orang per hari akan lebih dimudahkan untuk keluar masuk stasiun yang langsung menuju ke angkutan lainnya untuk berpindah moda.

"Sesuai dengan kordinasi bersama antara KCI, BPTJ dan Pemda terkait penataan ulang Stasiun Tebet merupakan implementasi konsep penataan kawasan dengan mengedepankan integrasi antarmoda," kata Eva dalam keterangan resminya, Selasa (5/12).

Dengan bertambahnya area hall keluar masuk penumpang maka fasilitas transaksi untuk penumpang seperti gate dan perangkat loket juga bertambah sehingga alur keluar masuk penumpang lebih baik.

Sebelumnya Stasiun Tebet hanya memiliki satu area untuk keluar masuk Stasiun dengan fasilitas transaksi 12 gate dan 3 loket. Dengan pembangunan 3 area baru untuk keluar masuk penumpang tersebut secara total saat ini Stasiun Tebet memiliki fasilitas 24 gate, 4 loket dan 9 unit perangkat transaksi tiket mandiri atau vending machine.

Sementara sejak pertengahan tahun 2017, untuk keselamatan berpindah peron di Stasiun Tebet juga telah dilakukan pembangunan terowongan bawah tanah.

Seluruh penataan ulang tersebut diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan pengguna jasa yang mengalami peningkatan cukup tinggi di StasiunTebet. Jika dibandingkan tahun 2016 jumlah pengguna jasa di Stasiun Tebet saat ini meningkat hingga 50% dibandingkan tahun 2017.

Setelah implementasi yang dilakukan di Stasiun Tebet, KCI akan terus menyiapkan sejumlah stasiun lainnya untuk mendukung integrasi antarmoda.

Untuk kenyamanan bersama, KCI menghimbau kepada pengguna jasa agar dapat mengikuti ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dessy Rosalina

Terbaru