Proyek RSP Sam Ratulangi dipastikan berlanjut

Rabu, 13 September 2017 | 17:51 WIB   Reporter: Yudho Winarto

INFRASTRUKTUR DAERAH - Rencana pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara dipastikan akan dilanjutkan dengan skema pembiayaan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha.

Proyek yang direncanakan sejak 2009 diproyeksi akan menjadi RSP terbesar di Indonesia Timur.

"Proyek ini akan menjadi percontohan pembangunan infrastruktur PTN dengan skema KPBU," kata Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Ellen Joan Kumaat, dalam keterangan pers yang diterima, Rabu (13/9).

Saat ini, skema pembiayaan tengah dibahas di kementerian keuangan dan Kementerian Ristek Dikti. "Informasinya sudah di tanda tangan oleh Sekjen Kemenristek Dikti, tapi saya belum pegang suratnya akan saya lacak prosesnya sampai dimana," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penganggaran dan Kerjasama Unsrat Prof Dr Ir Sangkertadi DEA mengatakan direncanakan proses pembangunan RSP akan dimulai kembali pada 2018. Saat bertandang ke Istana Februari lalu, pembangunan RSP mendapat 'restu' Presiden Joko Widodo.

Rencana melanjutkan pembangunan RSP dengan skema KPBU ini terungkap saat Presiden melaunching 5 proyek di Istana Negara pada beberapa Menteri. Unsrat mendapatkan kesempataan satu proyek.

“Presiden Jokowi melaunching 5 proyek KPBU tahun 2017 pada 17 Februari 2017 di Istana Negara. Salah satunya, proyek RS Pendidikan Unsrat,” tandas Sangkertadi.

Bentuk kerja sama tersebut, adalah percepatan pembangunan bangunan RS yang sempat terhenti.

Kata Sangkertadi, ini sangat baik, karena skema penganggaran bangunan menggunakan DIPA Unsrat. Selanjutnya, pembangunan RS sudah menggunakan skema penganggaran swasta nasional.

“Sesuai rapat yang dijabarkan oleh Presiden, 2018 RS Pendidikan Unsrat sudah dibangun. Proses penyelesaian tahun 2019,” terangnya.

Kata dia, Unsrat bisa dikatakan sangat beruntung, sebab dari sekian banyak Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, Unsrat menjadi salah satu yang mendapatkan kesempataan pelaksanaan kegiatan proyek percontohan yang dirancang sebagai pengujian atau trial dalam rangka untuk menunjukkan keefektifan suatu pelaksanaan program. “Unsrat pilot project,” sembur Sankertadi.

“Unsrat bisa dibilang tidak lagi kebinggungan mencari anggaran pembangunan. Sebab, Unsrat siap mengoperasikan alias Unsrat siap jadi,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru