Proyek TOD dibangun di sejumlah titik ruas tol dalam kota

Rabu, 11 Juli 2018 | 20:54 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Proyek TOD dibangun di sejumlah titik ruas tol dalam kota

ILUSTRASI. Proyek Pembangunan Tol Dalam Kota Jakarta Toll Road Development (JTD)


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Ruas tol dalam kota yang saat ini sedang masa konstruksi diwacanakan akan memiliki fasilitas Transit Oriented Development (TOD). Beberapa fasilitas yang akan dikembangkan juga adalah TransJakarta, Bus Rapid Transit (BRT) dan Light Rapid Transit (LRT).

"Belum kita bicarakan secara detail. Tapi prinsipnya di jalan tol ini kita akan menyediakan shelter bus, jadi untuk orang turun-naik," kata Direktur Utama PT Jakarta Toll Road Development, Frans Sunito saat ditemui di lokasi Konstruksi Pegangsaan Dua Kelapa Gading Jakarta Utara, Rabu (11/7).

Selanjutnya Frans mengatakan bahwa di tol ini jarak antara shelter tidak akan sedekat di jalan biasa. Namun ini dikatakan akan terintegrasi pada setiap moda transportasi.

"Memang jarak antara shelter tidak sedekat seperti yang di jalan biasa. Di jalan biasa kan kurang dari 1 km, kalau ini mungkin berjarak 3 km. Jadi orang naik BRT, bisa naik kereta api, bisa naik LRT dan sebagainya," ujar Frans.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno. Sandiaga menyebutkan bahwa ke depannya akan dibangun TOD yang nanti akan mengkoneksikan seluruh moda.

"Ini akan menghubungkan moda-moda transportasi yang bersinggungan dengan TOD. Jadi kan kalau kita lihat dari Timur ke Barat banyak sekali TOD-TOD yang berdekatan. Nanti kita akan bangun interkoneksinya," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru