Ratusan ribu buruh bergerak ke Balai Kota

Minggu, 01 Mei 2016 | 12:46 WIB Sumber: Kompas.com
Ratusan ribu buruh bergerak ke Balai Kota


JAKARTA. Massa buruh yang tergabung dari berbagi organisasi mulai menuju Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Minggu (1/5). Kedatangan buruh tersebut untuk menuntut Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok membatalkan proyek reklamasi yang dinilai hanya menguntungkan pihak swasta.

Selain itu, para buruh juga meminta agar tidak dilakukan aksi penertiban yang dinilai dilakukan secara semena-mena.

"Kami minta kepada Ahok jangan main-main soal reklamasi. Selain itu, ini malah orang kecil digusur;" ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal di halaman Tugu Monas, Minggu (1/5).

Dalam aksi tersebut, massa buruh dari berbagai daerah di Jabodetabek melakukan long march ke Balai Kota. Direncanakan ada sekitar 150.000 orang yang mengikuti aksi tersebut. Untuk menghindari kemacetan, pihak kepolisian sudah menutup jalan Medan Merdeka sejak pagi tadi.

Asal tahu saja, Pemrov DKI mulai melakukan penerbitan sejumlah pemukiman liar yang berada di lahan milik negara, seperti lokalisasi Kalijodo dan pemukiman Pasar Ikan, Penjaringan. Rencananya, Pemrov juga akan menertibkan pemukiman di bantaran perairan Pelabuhan Sunda Kelapa, Luar Batang.

(David Oliver Purba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru