Ribuan pengendara terjebak 8 jam di Puncak

Rabu, 28 Juni 2017 | 16:03 WIB Sumber: Antara
Ribuan pengendara terjebak 8 jam di Puncak


CIANJUR. Ribuan pengendara tujuan Bogor terjebak delapan jam di Jalur Puncak Bogor-Cianjur, Jawa Barat, karena volume kendaraan pendatang mulai berbaur dengan pemudik yang hendak kembali ke Jabodetabek.

KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Muhaimin mengatakan, menjelang siang pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk melakukan sistem satu arah menuju Bogor karena antrean kendaraan mencapai belasan kilometer dengan ekor antrean melewati Istana Presiden Cipanas.

"Antrean sudah terjadi sejak pagi hingga siang menjelang, sehingga kami melakukan koordinasi untuk melakukan sistem satu arah, namun sifanya masih situasional karena volume kendaraan dari arah Bogor menuju Cianjur, masih tinggi," kata Iptu Muhaimin di Cianjur, Rabu (28/6).

Untuk antisipasi terjadinya macet total, pihaknya mengarahkan penguna jalan dengan tujuan Bogor dari arah Cianjur, untuk mengambil jalur alternativ Pacet-Mariwati-Cakalongkulon keluar Jonggol dan sejumlah jalur alternatif lain dari Jalan Raya Bandung-Cianjur.

"Berbagai upaya penyekatan kami lakukan di sepanjang jalur tersebut, agar antrean tidak terus memanjang. Di Jalur Bandung-Cianjur, petugas sudah mengimbau penguna jalan dengan tujuan Bogor dan seterusnya, diarahkan mengunakan jalur Cikalongkulon-Jonggol," katanya.

salah seorang pengemudi tujuan Jakarta, Aditya (37) mengatakan, untuk jarak 1 meter dibutuhkan waktu 45 menit dan kembali terhenti, sehingga dia memilih untuk berhenti di area parkir rumah makan di Puncak Pass.

"Saya hendak kembali ke Jakarta setelah mudik ke rumah mertua di Cipanas. Saya berangkat dari rumah jam 5 subuh, sampai jam 12 masih di kawasan kebun teh Puncak. Gak tau nih sampai jam berapa, sambil menunggu satu arah lebih baik saya istirahat dulu," katanya. (Ahmad Fikri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru