RPTRA Kalijodo selesai dibangun

Jumat, 30 Desember 2016 | 16:43 WIB Sumber: Kompas.com
RPTRA Kalijodo selesai dibangun


JAKARTA. Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Djafar Muchlisin mengatakan, pembangunan ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) Kalijodo telah selesai.

Adapun pihaknya hanya perlu menyempurnakan sejumlah fasilitas pendukung untuk mempercantik RPTRA itu seperti rumput dan pepohonan. Djafar menambahkan, pihaknya juga masih menunggu dilakukan pencatatan aset oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sebelum dilakukan serah terima kepada Pemda DKI.

"Sudah, sudah selesai. Tinggal proses berikutnya adalah serah terima pemda, tapi dilakukan penilaian asetnya," ujar Djafar, Jumat (30/12/2016).

Djafar menyampaikan, alasan mengapa RPTRA Kalijido tidak dijadikan sebagai lokasi perayaan tahun baru 2017 karena belum ada serah terima aset kepada Pemda. Djafar mengatakan akan segera meminta Pemda DKI untuk melakukan pencatatan aset RPTRA Kalijodo.

Selama 100 hari, RPTRA Kalijodo masih berada di bawah tanggung jawab corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan PT Bumi Serpong Damai (BSD). Setelah itu, seluruh pengawasan dan pemeliharaan akan langsung berada di bawah Dinas Pertamanan, termasuk biaya pemeliharaan yang juga akan dialokasikan. "Tanggung jawab CSR 100 hari. Lalu selanjutnya Dinas Pertamanan dan Pemakaman," ujar Djafar.

Di RPTRA Kalijodo dibangun arena skate park dan BMX. Selain itu juga terdapat fasilitas publik yang berfungsi mendukung kegiatan warga mulai dari mushala, warung kecil hingga toilet ber-AC.

Disediakan juga tempat untuk berdagang di beberapa titik. Di dekat ruang serba guna RTH Kalijodo ada sekitar tiga tempat untuk berdagang yang diberi kursi memanjang dan permanen. Selain itu juga ada outdoor gym di dekat tempat berdagang.

(David Oliver Purba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru