Saat Sandi sindir Ahok tentang program KJP Plus

Rabu, 29 Maret 2017 | 14:16 WIB Sumber: Kompas.com
Saat Sandi sindir Ahok tentang program KJP Plus


JAKARTA. Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menilai pernyataan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok soal KJP Plus merusak mental anak sebagai bagian dari strategi Ahok. KJP Plus merupakan program yang diusung Sandi dengan calon gubernur pasangannya, Anies Baswedan, dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Tentunya sah (komentar Ahok), karena beliau dalam posisi coba menggaet masyarakat pasti berkomentar menjatuhkan program, enggak apa-apa. Tapi kami malah dapat dukungan masyarakat dan momentum besar terhadap KJP Plus ini," kata Sandi saat kampanye di Jati Pulo, Jakarta Barat, Rabu (29/3).

Menurut Sandi, antusias warga Jakarta terhadap KJP Plus karena ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan. Keunggulan yang dimaksud adalah bisa ditarik tunai dan dipakai bagi keluarga tak mampu, berpihak pada rakyat kecil, serta menyasar anak usia belajar di pesantren dan madrasah yang selama ini disebut belum tersentuh manfaat KJP.

"Bisa dipakai sampai kuliah juga. Ini kelebihan KJP Plus," tutur Sandi.

Adapun maksud Ahok sebagai hal yang merusak mental anak dari KJP Plus adalah manfaat yang bisa ditarik tunai. Ahok menganggap, pemberian uang tunai rawan disalahgunakan serta membuka peluang bagi mereka yang tak ingin sekolah tapi tetap bisa dapat uang.

"KJP Plus merusak mental anak karena mau dikasih kontan, orang enggak mau sekolah pun dikasih KJP (Plus). KJP itu justru mendorong orang untuk mau sekolah, kami terbitkan KJP untuk mencegah orang putus sekolah," ujar Ahok, di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, Senin (27/3) malam.

Selain itu, Ahok menegaskan tidak akan memberi uang tunai kepada anak-anak. Sebab, uang itu kerap disalahgunakan untuk membeli rokok, ponsel, atau disalahgunakan pihak lain. Sebab, dana KJP seharusnya digunakan untuk keperluan sekolah dan membeli bahan pokok. (Andri Donnal Putera)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru