Setelah Lebaran, 12.300 pendatang baru masuk Jakarta Barat

Kamis, 19 Juli 2018 | 10:50 WIB Sumber: Kompas.com
Setelah Lebaran, 12.300 pendatang baru masuk Jakarta Barat

ILUSTRASI. Kawasan pemukiman padat penduduk


DKI JAKARTA - JAKARTA. Wakil Wali Kota Jakarta Barat Muhammad Zen menyebutkan, telah terjadi peningkatan jumlah penduduk di wilayahnya seusai Lebaran 2018. Hal itu terungkap usai menggelar operasi bina kependudukan (Biduk) di sejumlah wilayah di Jakarta Barat.

"Berdasarkan data jumlah pendatang baru pasca Lebaran 2018, yang masuk ke Jakarta Barat sekitar 12.300 jiwa," kata Zen kepada wartawan, Kamis (19/7). 

Perhitungan pendatang dalam operasi Biduk dilakukan dalam rangka uji kepatuhan dan penegakan peraturan daerah terkait pendataan penduduk baru. 

Zen mengetahui wilayahnya memiliki angka kepadatan penduduk tinggi. 

"Kepadatan penduduk di Jakarta Barat sudah melebihi kapasitas. Di tingkat Kelurahan Cengkareng Barat, tingkat kepadatan per kilometer sekitar 20.000 jiwa," kata dia. 

Zen mengatakan pihaknya siap mengurus surat keterangan domisili sementara (SKDS) kepada para pendatang baru. Pengurusan SKDS akan dilakukan di 56 kelurahan di Jakarta Barat yang melibatkan RT/RW, dan lurah. 

"Kami meminta pengurus RT / RW mendata pendatang baru sehingga diketahui secara pasti keberadaan warga dari luar daerah datang ke Jakarta Barat," ujar dia. (Rima Wahyuningrum)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Lebaran, 12.300 Pendatang Baru Masuk Jakarta Barat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru