Sudirman Said mengadopsi program rumah DP 0% untuk Jateng

Rabu, 07 Maret 2018 | 13:23 WIB Sumber: Kompas.com
Sudirman Said mengadopsi program rumah DP 0% untuk Jateng

ILUSTRASI. Sudirman Said


PILKADA - SEMARANG. Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said bakal mengadopsi program penyediaan perumahan dengan down payment (DP) atau uang muka 0% untuk warga Jawa Tengah. Program itu meniru konsep Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta.

“Idenya coba kita diadopsi. Banyak masyarakat itu kalau diberi kesempatan sebenarnya mampu bayar cicilan, tapi gak punya uang muka. Itu ide baik, misal untuk kelompok buruh,” kata Sudirman, Rabu (7/3).

Rumah dengan DP 0% bisa saja menjadi salah satu solusi bagi para buruh. Mereka dibangunkan rumah di dekat tempat kerja. Dengan begitu, biaya pengeluaran, terutama pos transportasi akan berkurang.

Untuk itu, pemda harus menjalin kerja sama dengan dunia usaha terkait niatan itu. Pemda dapat menyediakan lahan milik pemerintah yang tak produktif untuk penyediaan hunian itu. “Selalu rumah (masalahnya) lahan harga tinggi. Kalau bisa terobos dengan lahan pemerintah, (harga) terjangkau itu bisa jadi solusi. Itu soal mau atau tidak,” tambahnya.

Namun demikian, Sudirman masih belum mengkaji model hunian yang nantinya dibangun, apakah model tapak atau vertikal. Hunian bertingkat, kata dia, perlu dimulai. “Nanti lihat situasi. Kalau Jakarta lahan ekstrem mahal, permukiman padat. Kalau kota yang cukup ramai itu mungkin berapa lantai. Membangun vertikal memang harus dimulai agar kota tidak melebar, serta tidak mengambil lahan pertanian,” tambahnya.

Pembangunan rumah tapak DP Rp 0 di Jakarta sendiri merupakan janji kampanye Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta 2017. Kini, janji rumah DP 0% itu mulai diimplementasikan di Jakarta. (Kontributor Semarang, Nazar Nurdin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiru Anies-Sandi, Sudirman Said Adopsi Program Rumah DP 0 Persen "
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru