Tahap pertama, 1.000 kepala keluarga (KK) akan mendapat bantuan perbaikan rumah

Senin, 13 Agustus 2018 | 21:28 WIB   Reporter: Handoyo
Tahap pertama, 1.000 kepala keluarga (KK) akan mendapat bantuan perbaikan rumah

ILUSTRASI. JOKOWI KUNJUNGI KORBAN GEMPA LOMBOK


GEMPA BUMI - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungi korban gempabumi 7 SR di Lombok siang hari ini di Kecamatan Pemenang. Presiden sempat menanyakan langsung tentang kondisi para pengungsi dan apa yang diharapkan.

Masyarakat pengungsi di sekitar wilayah Kecamatan Tanjung sangat antusias dengan kedatangan Presiden yang dilanjutkan melihat kondisi pasien di Tenda Pelayanan Yonkes di areal Kantor Bupati Lombok Utara. 

"Dilaporkan juga ke Presiden untuk kebutuhan operasi darurat diantaranya kebutuhan tenda, penyediaan MCK, tandon air, permakanan, asupan gizi ibu hamil, selimut, dan obat-obatan," kata Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, dalam siaran persnya, Selasa (13/8). 

Alat penghancur beton dan ketersediaan BBM juga menjadi prioritas. Kendala lain yang masih dihadapi adalah minim sarana transportasi untuk distribusi bantuan logistik, dan askes jalan rusak, berbukit dan lokasi desa sulit dijangkau oleh kendaraan biasa.

Operasi penanganan darurat ini didukung oleh seluruh potensi nasional dan LSM maupun komunitas yang terus membantu upaya penanganan dampak gempabumi Lombok.

Presiden beserta rombongan pada malam hari berdialog langsung dengan masyarakat pengungsi di Lapangan Super Semar Tanjung Kabupaten Lombok Utara. 

Masyarakat korban gempa akan diberikan bantuan perbaikan rumah sebanyak 1.000 kepala keluarga (KK) pada tahap awal ini. Nilai bantuan stimulus sebanyak Rp 50 juta/KK untuk rumah rusak berat, Rp 25 juta/KK untuk rusak sedang dan Rp 10 juta untuk rumah rusak ringan yang pengerjaannya akan dimulai pada minggu ini.

Pembangunan dan perbaikan dengan konsep rumah tahan gempa ini akan diberikan dalam bentuk tabungan. Proses pembangunan akan diawasi oleh Gubernur NTB dan asistensi Kemen PU Pera. 

Pemerintah akan mendorong ketersediaan material semen, besi dan lainnya dan mengawasi harga jual material di NTB dengan konsep rumah tahan gempa. Untuk perbaikan fasilitas umum, rumah sakit dan sekolah akan dimulai dua minggu dari sekarang. 

Data korban meninggal dunia hingga hari ini (13/8) sejumlah 437 jiwa berasal dari Kabupaten Lombok Utara 374 jiwa, Kab. Lombok Timur 12 jiwa, Kab, Lombok Barat 38 jiwa, Kab. Lombok Tengah 2 jiwa Kota Mataram 9, dan Kota Denpasar 2 jiwa. 

Jumlah pengungsi hingga hari ini sebanyak 352.793 jiwa. Sedangkan total rumah rusak 52.812 unit, sarana pendidikan terdampak 458 unit dan fasum serta tempat ibadah sebanyak 197 unit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru