Tahun ini, puluhan situ di Jabodetabek segera disertifikasi

Selasa, 13 Maret 2018 | 11:16 WIB Sumber: Kompas.com
Tahun ini, puluhan situ di Jabodetabek segera disertifikasi

ILUSTRASI. NORMALISASI SITU LEMBANG


JABODETABEK - DEPOK. Pemerintah berencana mengadministrasi 32 situ yang terdapat di wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi ( Jadebotabek). Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan guna melestarikan keberadaan situ yang ada.

Secara keseluruhan, ada 206 situ yang tersebar di wilayah ini. Pada tahun lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengajukan permohonan sertifikasi terhadap 27 situ ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Namun dari jumlah tersebut, baru empat diantaranya yang telah terbit sertifikatnya yaitu Situ Pagam, Situ Cogreg, Situ Pagam dan Situ Tlajung Udik di Kabupaten Bogor dan Situ Rawalumbu di Kota Bekasi.

Sementara empat lainnya, masih dalam proses mendapatkan sertifikat kepemilikan aset di Kantor BPN yaitu Situ Burangkeng, Situ Ceper dan Situ Binong di Kabupaten Bekasi, serta Situ Pondok Cina UI di Depok.

“Sambil menunggu juknis (petunjuk teknis), pada tahun 2018 ada 32 (yang akan diajukan). Jadi kami harapkan, juknis datang, sertifikasi juga dilakukan,” kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Jarot Widyoko, saat diskusi bertajuk ‘Bersama Menjaga Fungsi Situ-Situ Jabodetabek’ di Situ Pengasinan, Depok, Jawa Barat, Senin (12/3).

Dari 32 situ yang akan disertifikasi, 26 diantaranya berada di Jawa Barat dan sisanya di Banten. Pendataan ini merupakan langkah awal untuk menertibkan status kepemilikan, sehingga lebih mudah dalam penanganan selanjutnya. (Dani Prabowo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "32 Situ di Jadebotabek akan Disertifikasi Tahun Ini"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru