Tarif tol Lingkar Luar Bogor diusulkan naik

Sabtu, 04 November 2017 | 06:43 WIB Sumber: Kompas.com
Tarif tol Lingkar Luar Bogor diusulkan naik


JALAN TOL - JAKARTA. Pengelola Jalan Tol Lingkar Luar Bogor atau Bogor Outer Ring Road (BOOR) PT Marga Sarana Jabar mengusulkan kenaikan tarif tol. Kenaikan tarif akan diusulkan setelah pengerjaan jalan Tol BORR seksi II B dari Kedungbadak sampai Simpang Yasmin sepanjang 2,6 kilometer tersebut, rampung.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar, Hendro Atmodjo mengatakan, usulan itu nantinya akan disampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum. "Rencana akan ada kenaikan tarif, kami sedang mengusulkan. Tentunya nanti yang menentukan menteri PU. Usulannya Rp 10.000 untuk single tarif sampai Simpang Yasmin," ucap Hendro, Jumat (3/11).

Hendro menjelaskan, sejauh ini, progres pengerjaan Tol BORR seksi II B sudah mencapai di atas 60%. Melihat kondisi itu, Hendro optimistis, penyelesaian jalan tol yang masuk ke dalam salah satu proyek strategis nasional ini akan beres pada Maret 2018.

"Ya, kami tetap optimistis, dengan kondisi saat ini bisa menyelesaikan sesuai permintaan pemerintah pusat yang seharusnya selesai Juni, kemudian dimajukan menjadi Maret, bisa tercapai," kata Hendro.

Namun, pihaknya juga tidak ingin gegabah pada setiap pelaksanaan proyek jalan tol tersebut, meski target pembangunannya dipercepat menjadi 100 hari. Dia pun meminta kepada PT Wijaya Karya, selaku pelaksana atau kontraktor proyek Tol BORR seksi II B, untuk memperketat penyusunan langkah-langkah pengendalian dan peningkatkan pengawasan pelaksanaan metode kerja maupun prosedur keselamatan dan kesehatan Kerja (K3).

Hal itu menyusul terjadinya insiden tower crane portable proyek Tol BORR terjatuh saat pemasangan pembatas jembatan, beberapa waktu lalu. "Walaupun ada percepatan 100 hari, tapi tidak boleh terburu-buru dan tak tergesa-gesa. Sehingga dalam setiap pelaksanaan pekerjaan, kami benar-benar menjalan seluruh Standard Operation Procedure (SOP) terkait dengan safety atau K3," sambungnya.

Sementara itu, Project Manager PT Wijaya Karya (WIKA) Ali Afandi mengatakan, progres pembangunan Tol BORR seksi II B saat ini sudah mencapai 62%, di antaranya terdiri dari pemasangan beton jembatan layang (box girder).

"Pemasangan box girder ini dibagi dua zona. Zona pertama sudah melewati simpang Yasmin, dan itu termasuk area yang tersulit karena posisinya berada di persimpangan jalan. Ke depannya, mudah-mudahan bisa lebih cepat," kata Ali.

Ia menambahkan, guna mengejar target percepatan pembangunan pemasangan box girder yang biasanya 10 hari, dalam waktu dekat pekerjaannya bisa menjadi 7 hari setiang bentangnya. "Jadi mudah-mudahan ke depan, bisa lebih cepat dan lancar tanpa ada permasalahan yang berarti dan masih ingat schedule," pungkas Ali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tarif Tol Lingkar Luar Bogor Diusulkan Naik Jadi Rp 10.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru