Titik kepadatan pemudik geser ke Semarang di H-3

Jumat, 23 Juni 2017 | 08:00 WIB Sumber: Kompas.com
Titik kepadatan pemudik geser ke Semarang di H-3


SEMARANG. Kepadatan kendaraan di jalur mudik pada H-3 Lebaran mulai bergeser ke arah jalan Pantai Utara Semarang. Kemacetan tercatat mulai masuk di kawasan selamat datang Kota Semarang di wilayah Mangkang.

Kepadatan kerap terjadi terutama di ruas arteri Kabupaten Kendal hingga jalan masuk ke Kota Semarang. Di wilayah itu, minim jalur alternatif yang bisa digunakan ketika padat.

"Sekarang macetnya bergeser, tidak di Batang, Kendal, tapi di Semarang," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, seusai buka bersama bersama wartawan di Puri Gedeh, Semarang, Rabu (22/6) malam.

Pantauan Kompas.com, antrean kendaraan dari arah Jakarta hingga ke Semarang terpantau ramai lancar di Jalan Walisongo, Jrakah. Meski mulai ada kepadatan, namun jalanan terpantau lancar.

Pada H-3 Lebaran, masih ada satu dua truk bermuatan dan truk ganda yang masih melintas di jalur Pantura. Untuk mengurai kepadatan, Dinas Perhubunungan telah menutup semua jalan untuk memutar arah, hingga jalur untuk belok kanan maupun belok kiri.

Semua jalur yang lewat harus memutar terlebih dahulu di tempat yang lumayan jauh.

Kepadatan di jalur Pantura Mangkang juga diakui Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Satrio Hidayat. Menurutnya, kendaraan yang telah masuk di Semarang telah melebihi total kapasitas jalan.

Kapasitas jalan Pantura di Mangkang mampu menampung 2800 kendaraan perjam. Namun pada H-3, kepadatan kendaraan sempat mencapai 3200 kendaraan.

"Normal jalan masuk di Semarang itu 2.800 kendaraan, tapi ini sudah 3.200 kendaraan sudah masuk. Kalau sudah itu pasti bahu jalan dipakai," kata dia.

Untuk menyiasati itu, kepolisian langsung bergerak dengan melakukan sistem buka tutup kendaraan. Polisi juga sempat memberlakukan sistem lawan arus 3:1 untuk mengurai kemacetan.

"Jadi contraflow dibawa pakai motor. Nanti kalau lengang, diberlakukan sistem normal lagi," ujarnya. (Kontributor Semarang, Nazar Nurdin)

Simak video suasana arus mudik di jalan tol fungsional Brebes-Batang, Jawa Tengah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru